oleh

Perumda Tirta Kelimutu Pasang 1.000 Meteran Murah bagi MBR di Ende

Ende, RNC – Di pengujung tahun 2021, Perumda Tirta Kelimutu melaunching program baru, yakni pemasangan meteran dengan harga murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Ende.

Hal ini disampaikan Direktur Perumda Tirta Kelimutu Yustinus Sani, SE, Kamis (9/12/2021). Ia mengatakan pemasangan meteran ini dikhususnya bagi 1.000 warga berpenghasilan rendah. Biaya pemasangan hanya Rp500 ribu.

banner BI FAST

Ia menjelaskan, ada 1.000 kuota yang disiapkan oleh Perumda Tirta Kelimutu bagi MBR untuk memasang meteran baru. Ini merupakan program bantuan Kementerian PUPR.

Menurutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum program ini dilaksanakan, yakni harus ada Perda tentang penyertaan modal dan pernyataan kesanggupan membayar dari pemerintah daerah setempat.

Ia menyebutkan, perlu ada dana talangan dari APBD. Setelah program terlaksana, maka kementerian akan lakukan verifikasi untuk selanjutnya mengembalikan dana tersebut kepada pemda. “Kami menerima pendaftaran dari sekarang. Ketika kuota yang disediakan ini sudah sesuai target maka kita langsung proses,” kata Yustinus.

Ia juga mengatakan pemasasangan meteran air baru tersebut dilihat dari klasifikasi pendapatan masyarakat. “Sebagai bukti dari masyarakat yang berpenghasilan rendah, dilihat dari jenis tempat tinggal atau rumah dan meteran listrik,” ujar Yustinus .

Apabila masyarakat yang mempunyai rumah di atas standar dan memiliki daya listrik lebih dari 1.300 watt, maka tidak bisa mengikuti program ini. “Saya berharap masyarakat dapat memahami hal tersebut, karena kebijakan ini bukan dari Perumda Tirta Kelimutu tetapi dari Kementerian PUPR”, pungkasnya. (rnc16)

Baca Juga:  Polres Ende Bekuk 4 Pelaku Pemerkosaan Anak di Bawah Umur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *