oleh

Mengenang Perjuangan Peter A. Rohi, WALHI NTT Gelar Doa Bersama

Kupang, RNC – Wartawan senior Peter Apollonius Rohi meninggal di Surabaya, Rabu (10/6/2020) lalu. Banyak jasa perjuangannya di bidang jurnalistik, sejarah dan lingkungan hidup.

Untuk tokoh pers asal NTT ini, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) NTT menggelar doa bersama, Sabtu (13/6/2020) malam di kantor WALHI NTT, di Kupang. Kegiatan ini dihadiri para jurnalis, anggota WALHI dan beberapa anak muda peduli lingkungan.

BACA JUGAS: Selamat Jalan Wartawan Senior Peter Rohi

Ketua Walhi NTT, Umbu Wulang Paranggi membeberkan alasan utama dilaksanakan doa bersama untuk Peter Apllonius Rohi, yakni jasanya terhadap lingkungan dan kemanusiaan yang sangat besar.

“Kegiatan pada malam hari ini tidak ada urusan dengan beliau punya nama besar di tingkat nasional dan tidak ada urusan karena beliau putra NTT, tapi beliau adalah seorang pejuang kemanusiaan,” papar Umbu.

Umbu menjelaskan bahwa Peter Apollonius Rohi adalah orang yang telah mengingatkan semua kalangan tentang bagaimana seharusnya bernegara.  “Alasan utama dilakukan kegiatan pada malam ini mengingatkan kita kembali terkait suratnya pada sahabatnya Paul Saba pada tahun 1979,” ujar Umbu.

Menurut Umbu, kala itu, Peter Rohi telah mengingatkan pemerintah atau gubernur NTT Ben Mboi untuk mengungsikan masyarakat Waiteba di Lembata karena gunung akan meletus. Tapi pemerintah Provinsi NTT saat itu tidak menggubris dan meminta masyarakat tidak mempercayai apa yang telah ditulis dan disampaikan Peter Rohi.

Peter saat itu sangat marah karena masyarakat tak diungsikan. Dan saat gunung meletus korban jiwa mencapai lebih dari 1.000 orang. “Ini membuktikan berapa pentingya jurnalisme lingkungan,” ujar Umbu.

BACA JUGA: Sosok Peter A. Rohi yang Berkeinginan Kenalkan Tanah Lahir Soekarno

Atas karya dan perjuangan kemanusian Peter Rohi, maka Walhi NTT telah memutuskan agar salah satu ruangan di kantor Walhi NTT dijadikan perpustakaan yang diberi nama PAR, singkatan dari nama Peter Apollonius Rohi.

Pada kesempatan yang sama, Rudi Rohi, perwakilan Forum Academia NTT mengatakan banyak yang ingin dilakukan almarhum Peter A. Rohi untuk NTT. Oleh karena itu, dalam mengenang dan melanjutkan perjuangan dan niat baik tersebut, maka FAN NTT akan melaksanakan Peter A. Rohi Award. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed