oleh

Nama Refafi Gah Makin Seksi, Berpeluang Dampingi Melki Laka Lena atau Ansy Lema

Kupang, RNC – Nama Refafi Gah belakang makin ramai diperbincangkan sebagai kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) mendampingi Emanuel Melkiades Laka Lena dalam kontestasi Pilkada NTT. Poster bergambar Melki Laka Lena dan Refafi Gah bahkan telah berseliweran di sejumlah platform media sosial.

Tak hanya dengan Melki, Ketua DPD Hanura NTT itu juga disebut-sebut sebagai cawagub potensial berpasangan dengan Yohanis Fransiskus Lema. Informasi dari internal PDIP menyebutkan bahwa nama Refafi berada di posisi teratas dalam simulasi calon wakil yang bakal mendampingi Ansy Lema.

Refafi Gah kepada media ini mengaku ada komunikasi intens antara Hanura dengan sejumlah partai terkait Pilkada NTT. Dalam komunikasi politik itu muncul tawaran kepadanya untuk menjadi cawagub. Hanya saja dia tidak mau gegabah dalam mengambil keputusan.

“Kita ikuti saja proses yang sementara berjalan sembari mencermati hasil survei, peta politik dan lain-lain. Ada waktu yang tepat untuk memutuskannya,” ujar anggota DPRD NTT itu saat diwawancara di Sekretariat DPD Hanura NTT, Kamis (20/6/2024).

Terkait poster bergambar paket Melki-Refafi yang beredar di medsos, Refafi memastikan bahwa sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Hanura untuk berkoalisi dengan Golkar. Apalagi menyangkut penentuan paket Cagub-Cawagub NTT.

“Pak Melki itu bukan orang baru bagi saya. Pada Pilkada 2018, kurang lebih enam bulan kami jalan sama-sama berkampanye untuk pak VBL. Sampai sekarang komunikasi kami sangat baik. Jadi kalau berjodoh, mengapa tidak? Tapi kalau tidak berjodoh, saya tetap dukung beliau,” sebut Refafi.

Sementara terkait komunikasinya dengan Ansy, Refafi mengaku belum ada komunikasi antara dia dengan anggota DPR RI itu. Hanya saja, ada komunikasi antara elit partai Hanura dan PDIP.

Baca Juga:  Berpeluang Ganti Melki Laka Lena di Senayan, Rudi Kabunang: Ini Berkat untuk Orang Sumba

“Saya dan pak Ansy belum ada komunikasi, tapi elit PDIP dan Hanura di pusat sudah ada komunikasi. Seperti apa hasilnya, ya kita menunggu saja karena keputusan ada di tangan bos-bos partai di Jakarta,” terangnya.

Sumba Raya Penentu Kemenangan

Berdasarkan informasi yang dirangkum media ini dari sejumlah pengamat politik dan sumber-sumber lain, Sumba Raya bakal jadi penentu kemenangan di Pilgub NTT. Kondisi inilah yang membuat posisi tawar Refafi Gah makin tinggi dalam bursa Cawagub NTT karena dia berasal dari Sumba.

Untuk diketahui, jumlah pemilih di Sumba Raya (empat kabupaten) berdasarkan penetapan DPT untuk Pileg 2024 lalu sebanyak 585.413 jiwa. Angka ini sangat potensial menjadi lumbung suara bagi Refafi bila dia benar-benar ikut dalam kontestasi Pilkada NTT 2024. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *