oleh

Pasien Isolasi Mandiri Melonjak, Pemkot Kupang Arahkan Puskesmas Tangani Covid-19

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Untuk meningkatkan layanan kesehatan terhadap pasien positif Covid-19, Pemerintah Kota Kupang akan melakukan pemetaan terhadap wabah covid-19. Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat berkunjung ke Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (12/1/2021) sore.

Kepada RakyatNTT.com, Wawali Herman Man menyampaikan Rabu (13/1/2021) besok Pemkot mulai menata kembali pelayanan kesehatan terkait penanganan pasien positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Iklan Dimonium Air

Menurutnya, seluruh Puskesmas akan diaktifkan untuk menjalankan peran monitoring pasien covid-19 di rumah-rumah dan dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan.

“Kami mau membentuk tim monitoring isolasi mandiri per puskesmas di bawah koordinasi Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Covid-19 NTT Makin Ganas, Hari Ini 181 Positif, 4 Meninggal Dunia

Ia juga mengatakan, sebanyak 400-an pasien yang menjalani isolasi mandiri ini adalah pasien tanpa gejala. Hal ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan terkait penanganan pasien covid-19.

Puskesmas dinilai akan memberikan dampak positif terhadap penanganan pasien, serta bisa menjadi cara untuk menekan penyebaran transmisi lokal. “Tugas mereka adalah untuk memantau setiap orang yang melakukan isolasi mandiri,” kata Herman.

Ia menyebutkan, Pemkot juga akan membentuk tim khusus Operasi Protokol Kesehatan Kasih untuk mengontrol serta memberikan edukasi kepada warga agar terus mengikuti protokol pencegahan covid-19 dalam segala aktivitas.

“Ini akan ada gabungan dari berbagai lembaga beserta OPD lingkup Pemkot,” katanya. (rnc04)

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19 saat Lebaran, Empat Posko Pemantauan di TTU Kembali Diaktifkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed