oleh

Perangi Nyamuk DBD, Dinkes Lakukan Fogging di Sikumana

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Tim Fogging dari Dinas Kesehatan Kota Kupang melaksanakan penyemprotan insektisida guna memberantas nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di RT 15/RW 06, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Jumat (07/02/2020) sore.

Pantauan RakyatNTT.com, tim foging dibagi dalam empat di wilayah tersebut untuk memberantas penyebaran nyamuk dewasa aedes aegypti dan aedes albopictus di setiap halaman, garasi serta bagian dalam rumah milik warga setempat.

Iklan Dimonium Air

Salah satu warga, Merry Isu menyampaikan apresiasi atas tindakan Pemkot melalui Dinkes. Pasalnya petugas telah melakukan fogging langsung di setiap rumah warga. “Dari masyarakat sendiri kami merasa puas dengan fogging yang ada terhadap Dinas Kesehatan yang berpartisipasi, karena selama ini kami menunggu tindakan fogging ini, karena di lingkungan kami di kelurahan Sikumana sudah banyak terkena DBD dan ada yang sudah meninggal,” ungkapnya.

Warga lainnya, Zet Seo mengatakan fogging tersebut membantu mencegah penyebaran nyamuk yang di lingkungan mereka. Apalagi di wilayah tersebut sudah ada yang menjadi korban.

Ia menambahkan, sebagai warga yang bermukim di wilayah tersebut, pihaknya akan mengikuti anjuran pemerintah melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta penerapan 3M Plus untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk penular DBD.
“Untuk menjaga kebersihan dalam lingkungan yah kami sebagai masyarakat tetap mengikuti imbauan dari Pemerintah. Kami lakukan dengan pembersihan. Ada kaleng-kaleng bekas dengan air yang tertampung kami buang. Terus bak mandi semua kami cuci tiap minggu,” ujarnya.

Ketua Tim Fogging Kelurahan Sikumana, Yohanes SF Jelalu S.Kem mengatakan timnya melakukan penyemprotan dengan sistem kepung karena radius penyebaran nyamuk dewasa mencapai 200 meter.
“Ini kita lakukan tergantung warga, dari dalam rumah dan halaman dan sekeliling halaman. Kita lihat kalau ada semak-semak yang memungkinkan, apalagi sekarang ini cuaca juga tidak bagus sehingga kita semprot di semak-semak juga,” katanya.

Baca Juga:  Diduga Gelapkan Sepeda Motor, Mantan Karyawati Bank di Kupang Diamankan Polisi

Menurutnya, pembasmian nyamuk ini dijalankan selama tiga hari kerja, mulai Jumat hingga Senin (10/02). Selain itu, dilakukan PSN dan 3M Plus dengan kerja bakti oleh warga setempat pada Sabtu (08/02).

Diketahui bahwa periode Januari hingga Februari 2020 sudah terdapat 183 kasus DBD dari semua Puskesmas yang ada di Kota Kupang. Sesuai rilis Dinkes Kota Kupang di Puskesmas Sikumana terdapat 57 pasien, Puskesmas Oepoi 27 kasus, Puskesmas Bakunase 22 kasus, Puskesmas Oesapa 18 kasus, Puskesmas Alak 18 Kasus, Puskesmas Penfui 14 kasus, Puskesmas Oebobo 10 kasus, dan Puskesmas Pasir Panjang 6 kasus. Kemudian Puskesmas Naioni 7 kasus, Puskesmas Manutapen 2 kasus, dan Puskesmas Kupang Kota 2 kasus. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed