oleh

Perumda Air Minum Kota Kupang Bangun Sumur Bor untuk Warga Maulafa 

Kupang, RNC – Perumda Air Minum Tirta Bening Kota Kupang merencanakan pengembangan layanan air bersih bagi warga Tofa di Kelurahan Maulafa. Dipastikan pemasangan jaringan air akan dilaksanakan tahun ini.

Pantauan RakyatNTT.com, dalam rapat bersama Komisi II DPRD di ruang Komisi II DPRD Kota Kupang, Senin (1/7/2024), Direktur Perumda Air Minum Tirta Bening, Daniel Fredrik Maro menyampaikan pada tahun 2024 ini Perumda akan mengoptimalkan salah satu sumber air baku yakni sumur bor di kompleks GMIT Lahai Roi Tofa. Hal ini sebagai salah satu tindaklanjut Pemkot untuk menambah debit air baku serta tindaklanjut atas usulan DPRD.

“Sesegera mungkin di pekan depan ini kita mulai lakukan survei lokasi untuk dilakukan perencanaan pembangunan fasilitas air di sana,” ungkapnya.

Dalam wawancara usai tapat itu, Fredrik mengatakan, proyek tersebut sebenarnya bagian dari pengoptimalan sumur bor P2AT yang sudah dibangun beberapa tahun lalu.

“Kita optimalkan, sehingga nanti kita pasang pompanya dan jaringan juga supaya bisa dimanfaatkan juga bagi masyarakat di kelurahan itu terkhusus di Sikumana,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota, Djunaedi Cornelis Kana menyampaikan apresiasi atas progres Perumda untuk mengoptimalkan layanan air bersih. Menurutnya, di tengah persoalan air bersih yang selalu menjadi momok di Kota Kupang, maka diperlukan terobosan walau harus perlahan menyelesaikan momok itu.

Anggita dewan yang kerab disapa Eldy ini mengatakan, pemanfaatan sumur bor di kompleks GMIT Lahai Roi secara langsung bisa bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Perumda bisa membuka layanan air bersih khusus di wilayah Kelurahan Maulafa, sehingga secara langsung mengurangi beban kebutuhan air yang selama ini dinilai warga masih dalam taraf harga mahal dengan sistem “pesan tanki.”

Baca Juga:  Cegah Praktik 'Ordal', PPDB di Kota Kupang Diawasi Polisi dan Jaksa

“Saya harap dan inginkan kalau bisa nanti dilakukan pendataan pada warga sekitar, sehingga debit air baku dari sumur bor itu bisa dialiri tepat sasaran dan sesuai dengan kapasitas juga,” harap politisi Demokrat ini. (rnc04)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *