oleh

PLK Wairbukang Terancam Ditutup, Siswa Pindah Sekolah

Iklan Demokrat

 

Maumere, RNC- Sebanyak 22 siswa Pendidikan Layanan Khusus (PLK) se tingkat SD, yang dikelola Yayasan Cerdas Anak Bangsa di Wairbukang, Dusun Wodon, Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, terpaksa harus pindah ke SDK Watubala lantaran sekolah tersebut terancam ditutup.

Iklan Dimonium Air

Demikian disampaikan Ketua RT/17A, Dusun Wodon, Bernadus Brebo, kepada RakyatNTT.com, Kamis (25/11/2021). Beredar kabar, pindahnya 22 siswa PLK ke SDK Watubala itu, atas surat kepala sekolah PLK yang ditujukan kepada seluruh guru dan siswa PLK Wairbukang.

“Ada 22 siswa PLK Wairbukang yang pindah ke SDK Watubala, katanya perintah kepala sekolah PLK. Kami juga belum tahu alasannya PLK akan ditutup,” ujar Bernadus.

Dijelaskannya, PLK Wairbukang didirikan tahun 2012 oleh Yayasan Cerdas Anak Bangsa, bekerja sama Dinas Pendidikan Provinsi NTT, melalui pendidikan anak di daerah terpencil dan perbatasan. Mulai tahun pertama hingga tahun keenam, dia dipercayakan untuk menjadi ketua komite sekolah.

Dikatakan Bernadus, ada tujuh dan 60 siswa di PLK Wairbukang. “Tapi guru tidak mengajar setiap harinya, karena rata – rata guru PLK berdomisili di Desa Wairterang. Sebulan sekali, bahkan tiga bulan sekali baru guru datang mengajar, karena medan yang curam dan terjal,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Desa Wairterang, Silvesmen membenarkan adanya gonjang – ganjing keberadaan PLK Wairbukang itu. Berdasarkan informasi dari kepala sekolah, nomenklatur PLK sudah tidak ada lagi di Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Menurut Silvesmen, dari hasil diskusi mereka bersama kepala sekolah PLK Wairbukang, ada dua opsi untuk pengurus Yayasan Cerdas Anak Bangsa, yaitu PLK berubah menjadi Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), atau bergabung dengan SD yang ada di Desa Wairterang.

Baca Juga:  Perumda Wair Pu'an Dapat Dana Hibah Bank Dunia

“Katanya PLK sudah tidak ada ruang di Dinas Pendidikan Provinsi. Jadi solusinya berubah menjadi SDLB, atau siswa pindah ke SD yang sudah ada di Wairterang,” ujarnya.

Dengan situasi yang demikian, dia pun berharap pengurus Yayasan Cerdas Anak Bangsa PLK Wairbukang, dapat mencarikan solusi terbaik, sehingga seluruh siswa PLK bisa melanjutkan pendidikannya. (RNC24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed