oleh

Selain CPNS, Pemerintah juga Buka Lowongan Pegawai Kontrak 2021

Jakarta, RNC – Pemerintah akan kembali membuka lowongan untuk menjadi abdi negara pada tahun depan. Hal ini menjadi kabar gembira karena tidak ada pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini karena pandemi virus corona.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian mengatakan, pada tahun depan pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK. Pembukaan ini nantinya akan mempertimbangkan jumlah kebutuhan pegawai di instansi pemerintahan.

Hanya saja, dirinya belum bisa memastikan kapan jadwal pembukaan CPNS dan PPPK akan berlangsung. Termasuk juga berapa jumlah lowongan yang akan dibuka pada tahun depan.

“Dalam melakukan perencanaan jabatan, komposisi dan jumlah formasi CPNS dan PPPK tahun 2021, akan mempertimbangkan juga kebutuhan dan perkembangan sesuai tatanan kenormalan baru saat ini sebagai dampak pandemi Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (2/11/2020) seperti dilansir dari okezone.com.

Namun untuk CPNS, jumlah formasinya akan jauh lebih besar dibandingkan 2019. Mengingat, pada tahun ini pemerintah tidak membuka lowongan CPNS, sedangkan kebutuhan akan pegawai terus bertambah.

“Hal ini mengingat bahwa pada tahun 2020, tidak ada rekrutmen atau pengadaan CPNS baru, sehingga jumlah kebutuhan formasi tahun 2020 kemungkinan diakumulasikan di formasi 202,” ucapnya.

BACA JUGA: CPNS 2021 Segera Dibuka Terbatas, Ini Bocoran Formasinya

Andi menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyusunan jumlah formasi untuk tahun depan. Sehingga pengumuman pembukaan menungggu proses penyusunan rampung. “Proses penerimaan atau pengadaan CPNS dan PPPK untuk formasi tahun 2021 masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya,” jelasnya.

Menurut Andi, pemerintah juga tengah fokus pada penyelesaian rangkaian penerimaan CPNS tahun anggaran 2019. Mengingat, rangkaian penerimaan CPNS 2019 sempat tertunda karena beberapa hal.

Menurut Andi, proses seleksi CPNS sudah sampai pada tahap pengumuman. Kemudian para peserta yang lolos diminta untuk melengkapi berkas-berkas yang diminta yang bisa dilihat di website SSCN BKN.

Sementara bagi mereka yang tidak lolos pun masih mempunyai peluang karena disediakan masa sanggah. Namun bagi mereka yang keberatan harus mengajukan surat keberatan kepada panitia seleksi nasional (panselnas).

“Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2019 dan juga membahas waktu untuk bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS untuk formasi tahun 2021. Hari ini 30 Oktober 2020 diumumkan hasil penerimaan CPNS formasi tahun 2019,” ucapnya.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed