oleh

Selain Kali Dendeng, PDAM Kota Kupang akan Maksimalkan Sumur Bor

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – PDAM Kota Kupang terus melakukan terobosan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Kupang. Sambil menunggu selesainya pembangunan IPA Kali Dendeng, PDAM akan memaksimalkan sejumlah sumur bor.

Kepada RakyatNTT.com, di gedung DPRD Kota Kupang, Selasa (15/6/2021) malam, Direktur PDAM Kota Kupang, Jhoni Ottemoesoe mengatakan saat ini PDAM menggunakan dana senilai Rp 2,3 miliar untuk 2 kegiatan yakni penambahan 2 reservoir dan jaringan air dari sumur bor milik keluarga Foenay di Oepura. Selain itu, ada pekerjaan tahap I SPAM Air Itam milik Universitas Kristen Artha Wacana Kupang yang dikhususkan bagi warga pesisir Oesapa.

Iklan Dimonium Air

“Untuk Air Oepura itu akan ada peningkatan kapasitas jaringan dengan membangun reservoir dari Jalan Bajawa kompleks Kayu Putih ke TDM. Untuk optimalisasi air Itam sendiri akan ada pembangunan SPAM tahap I, dikhususkan kepada warga pesisir di Kelurahan Oesapa,” kata Johni.

Ia menambahkan dana senilai Rp 2,3 miliar ini bersumber dari APBD Kota Kupang. Namun untuk mempercepat pembangunan reservoir, maka pihaknya menggunakan kas PDAM. Setelah Peraturan Daerah disahkan oleh DPRD, selanjutnya diganti kembali ke kas PDAM.

Johni juga menjelaskan pada tahun 2021 ini, ada penambahan pelanggan yang dilayani PDAM Kota Kupang. Untuk pelanggan reguler sebanyak 500 sambungan rumah (SR), serta pelanggan yang telah beralih dari layanan PDAM Tirta Bening Kabupaten Kupang dan menjadi pelanggan PDAM Kota Kupang sebanyak 750 rumah (SR).

“Selain tambahan tersebut dipastikan setelah SPAM Kali Dendeng dengan kapasitas 150 liter per detik diselesaikan dan ada serah terima maka akan ada tambahan 1.000 sambungan rumah gratis,” lanjutnya.

Ia mengatakan, pemerintah Kota Kupang terus berupaya untuk meningkatkan layanan air bersih baik dari dengan memanfaatkan berbagai potensi air baku yang ada melalui kerja sama dengan pemilik dan pengusaha sumur bor, maupun pemanfaatan berbagai sumber air permukaan. (rnc04)

  • 369
    Shares
Baca Juga:  Wali Kota Apresiasi Program Serbuan Vaksinasi TNI AL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed