oleh

Sempat Vakum, Kini KM Dharma Rucitra VII Kembali Beroperasi di Sikka

Maumere, RNC – Demi peningkatan produktifitas dan pemulihan ekonomi masyarakat, kapal roro milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) yakni KM Dharma Rucitra Vll akhirnya kembali beroperasi di Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, setelah sekian lama vakum.

KM Dharma Rucitra Vll diketahui mulai melakukan pelayaran perdananya dari Surabaya menuju ke Maumere, Jumat (7/1/2022) lalu, yang dilepas secara resmi oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Kapal ini tiba di Pelabuhan Laurentius Say, Maumere, Senin (10/1/2022) disambut oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si.,. Bupati melakukan pengecekan dan bertemu kru KM. Dharma Rucitra VII, yang akan melayani route pelayaran Maumere-Surabaya itu.

banner BI FAST

Saat menyambut kedatangan kapal roro tersebut, Bupati Sikka yang akrab disapa Robi Idong ini mengatakan, kehadiran KM Dharma Rucitra Vll memberikan sebuah motivasi dalam upaya peningkatkan produktifitas, demi pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Sikka.

“Dengan kehadiran KM Dharma Rucitra Vll ini, memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih meningkatkan lagi produktifitas ekonomi berupa tanaman harus lebih banyak, ikan lebih banyak dan ukuran juga harus dinaikan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut Robi Idong, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kerja sama ekosistem perdagangan yang baik dan saling menguntungkan bersama beberapa kabupaten sedaratan Flores. Serta akan mengajak beberapa kabupaten tersebut untuk menjalin hubungan kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya. “Dalam waktu dekat saya akan ajak Kabupaten Ende, Nagekeo dan juga kabupaten lainnya sedaratan Flores untuk melakukan kerja sama ekosistem perdagangan dengan Kota Surabaya,” tuturnya.

Sementara itu, Manager PT Dharma Lautan Utama (DLU) Maumere, Iwan Prasetyo dalam sambutannya menjelaskan bahwa, DLU sebenarnya sudah beroperasi di Maumere sejak 6 Januari 2001 hingga Oktober 2017 lalu, namun dikarenakan belum adanya ketersediaan armada yang sesuai dengan spesifikasi dermaga di Maumere, sehingga sempat vakum.

Baca Juga:  Diduga Ada Praktik Pungli di PT. Pelni Maumere, GMNI Sikka Gelar Aksi Demo

Dikatakan Iwan, kehadiran KM Dharma Rucitra Vll ini, merupakan berkat kerja sama dari Pemda Sikka dengan menyurati PT. DLU guna meminta pengoperasian lagi kapal tersebut ke Maumere. Alhasil, DLU pun menyambut baik dan akhirnya KM Dharma Rucitra Vll siap kembali beroperasi dengan route Maumere-Surabaya setelah vakum sejak 2017 lalu.

“Ini berkat kerja keras semua pihak yang mendukung dan merespon permintaan masyarakat Kabupaten Sikka melalui Surat Bapak Bupati Sikka ke managemen kami. Dan juga untuk mensuport program Bapak Presiden RI tentang pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Kabupaten Sikka,” terangnya.

Untuk diketahui, PT. DLU menempatkan armada KM Dharma Rucitra Vll dengan panjang 142,5 Meter dan Lebar 32 Woeter, dengan kapasitas muat pnp 930 pax. Untuk daya tampung kendaraan, yaitu truck besar sebanyak 45 unit, truck sedang 50 unit, kendaraan kecil 103 unit. Fasilitas ruangan penumpang pun memiliki AC yang nyaman, arena bermain anak, Musholla, ruangan supir, ruangan medis, ruangan elektone dan semuanya disediakan secara gratis.

(rnc24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed