oleh

Singkirkan Belgia, Italia Tantang Spanyol di Semifinal

Iklan Covid Walikota Kupang

Munich, RNC – Tim Nasional (Timnas) Italia berhasil menang 2-1 atas Belgia di laga perempatfinal Piala Eropa 2020 yang berakhir pada Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Italia diciptakan oleh Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne di babak pertama.

Sementara gol penghibur yang diciptakan Belgia berawal dari tendangan penalti Romelu Lukaku di pengujung babak pertama. Selebihnya di babak kedua tak ada gol yang tercipta lagi.

Iklan Dimonium Air

Dengan hasil kemenangan 2-1 itu, maka Italia otomatis melaju ke semifinal Piala Eropa 2020 dan mereka pun sudah dinantikan Spanyol yang sudah terlebih dahulu lolos usai mengalahkan Swiss.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Allianz Arena, Jerman, Timnas Italia sejak awal memang sudah memperlihatkan permainan yang luar biasa karena sanggup menekan Belgia. Bayangkan saja ketika laga baru berjalan 13 menit, Italia sudah mampu menggetarkan jala gawang skuad asuha Roberto Martinez tersebut.

Kendati begitu, bola yang dimasukkan oleh Giorgio Chiellini itu pada akhirnya tidak disahkan oleh wasit. Sebab setelah melihat VAR, posisi Chiellini dan Di Lorenzo sebelumnya sudah berada di posisi offside.

Meski pada akhirnya gol tersebut dianulir, permainan Italia nyatanya semakin galak. Begitu juga Belgia yang semakin berhati-hati karena jika tak dinyatakan offside, maka mungkin mereka tertinggal lebih cepat.

Pertandingan berjalan kian menarik dan sengit ketika laga sudah memasuki pertengahan babak pertama. Namun, Italia nyatanya sanggup mencetak gol pertamanya di menit 31 melalui aksi gol dari Nicolo Barella.

Berawal dari situasi yang rumit di kotak penalti Belgia, Marco Verratti sanggup memberikan umpan kepada Barella yang selanjutnya mampu memberikan gol untuk Italia. Skor 1-0 itu pun tak bertahan lama karena Italia lagi-lagi dapat mencetak gol ke gawang Belgia.

Baca Juga:  Rangkaian Kontroversi Antar Inggris ke Final Euro 2020

Kali ini gol Italia dipersembahkan oleh aksi tunggal Lorenzo Insigne di menti 44. Insigne dapat melepaskan gol indah yang tak dapat diantisipasi oleh kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Ketika babak pertama hampir berakhir, Belgia setidaknya sanggup memperkecil ketertinggalan di menit 45+2. Berawal dari hadiah penalti yang diberikan wasit karena pelanggaran Di Lorenzo terhadap Doku, Lukaku yang mengeksekusi tendatangan penalti sanggup membuat skor babak pertama berakhir 2-1 untuk keunggulan Italia atas Belgia.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Italia dan Belgia masih terus bermain terbuka. Belgia di babak kedua ini pun tampil lebih beringas dan sukses menciptakan peluang emas beberapa kali.

Sayangnya semua peluang emas itu, seperti yang terjadi di menit 61 di mana Lukaku gagal memasukkan bola lantaran bola mengenai Spinazzola, nasibnya sama-sama gagal dikonversikan menjadi gol.

Pergantian pemain pun dilakukan Belgia, seperti memasukkan Nacer Chadli di menit 70 untuk menggantikan Thomas Meunier. Kendati begitu, Chadli dengan cepat ditarik kembali dan digantikan Dennis Praet karena mengalami cedera.

Sementara itu, Italia pun juga mulai melakukan pergantian pemain untuk mengistirahat pemain andalan mereka. Immobile, Spinazzola, Insigne, dan Verratti menjadi empat pemain yang langsung diamankan oleh Roberto Mancini.

Jelang beberapa menit laga ingin berakhir, Italia dikepung oleh Belgia. Namun, berkat kukuhnya pertahanan Chiellini dan Bonucci, Italia mampu bertahan dengan baik dan membua laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Gli Azzurri atas Belgia.

Berikut Susunan Pemain:

Belgia XI (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Thomas Meunier (Nacer Chadli 70’), Axel Witsel, Youri Tielemans (Dries Mertens 69’), Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku.

Baca Juga:  Nantikan Laga Seru Malam Ini, Italia Vs Spanyol di Semifinal

Cadangan: Thomas Kaminski, Matz Sels, Dedryck Boyata, Jason Denayer, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Leander Dendoncker, Nacer Chadli, Dennis Praet, Christian Benteke, Michy Batshuayi, Leandro Trossard.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola (Emerson Palmieri 79’); Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti (Bryan Cristante 74’); Federico Chiesa, Lorenzo Insigne (Domenico Berardi 79’), Ciro Immobile (Andrea Belotti 74’).

Cadangan: Salvatore Sirigu, Alex Meret, Emerson, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Rafael Toloi, Manuel Locatelli, Matteo Pessina, Bryan Cristante, Andrea Belotti, Domenico Berardi, Fedrico Bernardeschi.

Pelatih: Roberto Mancini.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed