oleh

Survei Charta Politika: Elektabilitas Maksi Ngkeros Ungguli Hery Nabit dan Heri Ngabut

Ruteng, RNC – Lembaga Survei Charta Politika merilis hasil data elektabilitas tokoh potensial pada bursa Pilkada Manggarai 2024 berdasarkan pilihan responden. Dalam data yang dirilis pada akhir Mei 2024 lalu yang diperoleh RakyatNTT.com, elektabilitas Ir.Maksimus Ngkeros unggul jauh di atas kandidat lain seperti Bupati Manggarai, Heribertus G.L Nabit dan Wakil Bupati, Heribertus Ngabut.

Pada survei elektabilitas tokoh, responden diberi pertanyaan; Seandainya Pilkada Kabupaten Manggarai dilaksanakan pada hari ini dan diikuti 4 tokoh, siapakah yang anda pilih sebagai bupati Manggarai untuk 4 tahun yang akan datang dari nama-nama di bawah ini.

Pada simulasi 4 nama tersebut, elektabilitas Maksimus Ngkeros mencapai angka 32,8%. Sementara Heribertus Ngabut hanya berada di angka 24,8%, Heribertus G.L Nabit 24,5%, disusul Thomas Dohu 7,3% sisanya 10,8% belum menentukan pilihan.

Survei Charta Politika
Survei Charta Politika

Sementara pada simulasi Elektabilitas 3 nama, Maksi Ngkeros makin mentereng di angka 36,5%. Heribertus Ngabut mentok di angka 25,5% sementara Heribertus Nabit hanya berada di angka 24,8%. Sedangkan 13,3% tidak menjawab.

Sementara untuk simulasi 3 nama Calon Bupati, tanpa Ir. Maksimus Ngkeros, elektabilitas Heribertus Ngabut naik menjadi 33,8%, disusul Herybertus Nabit 25,8%, di posisi ketiga Thomas Dohu 17,8%. Sedangkan yang tidak menjawab naik menjadi 22,8%.

Charta Politika juga merilis survei elektabilitas bakal calon wakil bupati Manggarai. Dari 9 nama bakal calon wakil bupati, Marianus Ronald Susilo menduduki posisi tertinggi yakni 31,5%. Viktor Selamet 23%; Maksi Ngkeros 15,8%, Thomas Dohu 5,8%, Kornelis Dola 4,5%, Aloisius Haman 3,3%, Fransiskus Ramli 2,3%, Kanisius Nasak 1% dan Karolus Mance 0,5%.

Sedangkan, simulasi 2 pasangan calon, pasangan Heribertus Ngabut-Marianus Ronal Susilo unggul jauh dengan 52,5 persen dan Herybertus Nabit- Aloisius Haman 25 persen.

Baca Juga:  Lusia Adinda Lebu Raya: Maju di Pilkada Kota Kupang adalah Pilihan Ideologis

Seperti diketahui, Hery Nabit dan Heri Ngabut merupakan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2020 dengan akronim Hery-Heri atau H2N.

Pasangan Hery-Heri kala itu, berhasil menumbangkan pasangan Deno Kamelus-Viktor Madur. Hery-Heri memperoleh 103.872. Sedangkan paslon Deno-Madur, memperoleh 67.354 suara. Pasangan Hery-Heri unggul di 10 Kecamatan dari 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Sementara pada Pilkada Manggarai 2024 ini, pasangan Hery Nabit dan Heri Ngabut pecah. Keduanya siap bertarung merebut menjadi orang nomor satu di Manggarai, disusul Kandidat lain yakni Maksimus Ngkeros. (rnc23)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *