oleh

Tekan Lonjakan Covid-19, Pemkot Kupang Operasi Prokeskasih

Kupang, RNC – Pemerintah Kota Kupang akan melakukan Operasi Protokol Kesehatan Kasih (Prokeskasih) dalam waktu dekat ini guna menekan angka penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) yang kian meningkat.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji saat konferensi pers di Aula Garuda, Balai Kota, Rabu (13/1/2021) sore.

Ernest menjelaskan Pemkot Kupang bakal memperketat pengawasan terhadap aktivitas masuknya masyarakat ke Kota Kupang. Pengawasan dilakukan dengan menempatkan petugas di 5 pintu masuk yakni gerbang Lasiana, Baumata di Penfui, Belo, Alak dan Manulai II. “Nah oleh karena itu semua sudah terdata berapa jumlah personil yang akan stand by di sana,” ucapnya.

Petugas yang disiapkan adalah gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, TNI dan Polri serta Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 13 Januari: 6 Pasien Meninggal, 88 Positif

Dengan demikian, menurutnya tugas yang akan dilaksanakan adalah memantau serta menegaskan tindakan yang edukatif agar setiap warga yang melintas bisa mematuhi protokol kesehatan.
“Dilakukan penerapan protokol, seperti jaga jarak, menggunakan masker dan apabila ditemukan bahwa ada sopir ataupun kondektur yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan maka alasan apapaun tidak bisa masuk ke kota. Bila mengikuti protokol baru diizinkan masuk,” jelasnya.

Operasi ini juga berlaku dalam Kota Kupang, yakni akan ditertibkan aktivitas warga sesuai protokol kesehatan di berbagai pusat perbelanjaan modern maupun tradisional, seperti mall, toko, swalayan dan pasar-pasar serta fasilitas publik lainnya seperti terminal.

“Semuanya akan ada teman-teman aparat yang mengawasi di situ, misalnya di Pasar Kasih akan ada selalu petugas yang bergantian untuk mengawasi, tentunya bersifat edukatif,” pungkas Ernest. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed