oleh

Januari Ini Semua Wilayah di NTT Sudah Alami Puncak Penghujan

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Januari 2021 adalah masa puncak musim hujan untuk seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang.

Berdasarkan laporan prakiraan yang diterima RakyatNTT.com, Selasa (26/1/2021), Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang mencatat secara umum semua daerah di wilayah NTT mengalami puncak musim hujan pada Januari 2021.

Iklan Dimonium Air

Namun sebelumnya beberapa wilayah di NTT sudah mengalami puncak musim hujan pada bulan Desember 2020, yakni Manggarai Barat bagian utara, Manggarai, Manggarai Timur dan Ngada bagian utara.

Sedangkan wilayah yang akan mengalami puncak musim hujan pada bulan Februari 2021 antara lain Manggarai Barat bagian tenggara, Manggarai bagian selatan, Manggarai Timur bagian selatan, Ngada bagian selatan dan tenggara, Nagekeo bagian selatan dan Ende bagian selatan.

BACA JUGA: Hujan Disertai Angin, Rumah Warga Desa Papela Rusak Tertimpa Pohon

Potensi cuaca untuk 3 hari ke depan diprakirakan masih berpotensi hujan ringan hingga sedang. Hal ini disebabkan karena adanya daerah tekanan rendah di sekitar Teluk Carpentaria, sehingga menyebabkan adanya pertemuan massa udara di wilayah NTT yang mendukung terjadinya hujan.

Selain itu, adanya gelombang ekuatorial juga mendukung potensi pembentukan awan konvektif di wilayah NTT. Oleh karena itu, kepada seluruh masyarakat NTT untuk mulai mengenali risiko bencana di sekitarnya dan perlu meningkatkan pola adaptasi terhadap ancaman bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir, banjir bandang khususnya untuk daerah di dekat aliran sungai dengan tidak merusak lingkungan, memperbaiki kerusakan lingkungan yang sudah terjadi termasuk sungai dan drainase. (rnc04)

  • 365
    Shares
Baca Juga:  Dasa Wisma Sa'ate jadi Model Kelompok Pemberdayaan Keluarga di NTT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed