oleh

Tiga Besar Capres Survei Litbang Kompas: Jokowi, Prabowo, dan Anies

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Nama Joko Widodo (Jokowi) masih difavoritkan menjadi calon presiden (capres) meski sudah 2 periode menjabat presiden. Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menyusul di bawahnya.

Hasil ini terungkap dalam survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (4/5/2021). Survei digelar pada 13-26 April 2021 melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error penelitian sebesar +- 2,8%.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Survei New Indonesia: Ganjar Makin Unggul, Prabowo-RK Mengejar

Dilansir dari detikcom, responden diberi pertanyaan ‘jika pemilu presiden dilakukan saat ini, menurut Anda siapakah tokoh yang paling layak menjadi presiden?’.
Berikut ini jawabannya:

Joko Widodo: 24%
Prabowo Subianto: 16%
Anies Baswedan: 10%
Ganjar Pranowo: 7%
Sandiaga Uno: 4%
Ridwan Kamil: 3%
Agus Harimurti Yudhoyono: 3%
Basuki Tjahaja Purnama: 3%
Tri Rismaharini: 2%
Gatot Nurmantyo: 2%
Mahfud Md: 1%
Lainnya: 2%
Belum ada/rahasia: 21%

Litbang Kompas juga membandingkan elektabilitas para tokoh di survei April dengan 3 survei sebelumnya yaitu pada Oktober 2019, Agustus 2020, dan Januari 2021. Hasilnya, ada yang elektabilitasnya naik, turun, atau stagnan.

Elektabilitas Prabowo sempat turun di survei Agustus 2020 lalu kemudian naik lagi di survei April 2021. Sementara itu, elektabilitas Anies naik di survei pada Agustus 2020 stagnan. Elektabilitas Sandiaga Uno naik turun sementara Ganjar Pranowo naik terus.

(*/dtc/rnc)

  • 2
    Shares
Baca Juga:  PPP Diminta Pertimbangkan Usung Anies Baswedan jadi Capres 2024

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed