oleh

Waspada! Sudah 2 Anak di NTT Meninggal karena Gagal Ginjal Misterius

Kupang, RNC – Penyakit gagal ginjal misterius pada anak-anak kembali makan korban. Di NTT, tercatat sudah 2 anak berusia 1 hingga 2 tahun meninggal dunia.

Terbaru yakni anak laki-laki berusia 1 tahun 10 bulan di Waikabubak, Sumba Barat, meninggal dunia di RSUD Waikabubak, Rabu (19/10/2022) malam. Ia meninggal sebelum dirujuk ke RS Sanglah Bali.

banner BI FAST

“Selamat pagi, Pasien AKI (acute kidney injury) misteirus di Sumba Barat meninggal tadi malam (Rabu, 19/10) pukul 10.00 Wita,” kata Ketua IDAI NTT, dr. Woro Indri Padmosiwi dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Kamis (20/10/2022) seperti dilansir digtara.com.

Menurut Woro, pasien AKI Apitikal yang mengalami gagal ginjal misterius tersebut meninggal dunia setelah menjalani perawatan beberapa hari di RSUD Waikabubak.

Dia menyampaikan anak dengan kasus gagal ginjal misterius tersebut meninggal sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, Bali. “Iya meninggal, tidak sempat dirujuk,” ujarnya.

Sebelumnya, IDAI NTT melaporkan seorang anak laki-laki di Sumba Barat, NTT mengalami gagal ginjal akut misterius.

Anak laki-laki tersebut, kata Woro dibawa oleh orangtuanya ke RSUD Waikabubak beberapa hari lalu dalam keadaan sesak napas. Dari hasil observasi ditemukan gejala AKI Atipikal yang dialami oleh bayi tersebut.

Tetapi lanjut Woro karena RSUD Waikabubak dan seluruh Rumah Sakit di NTT belum memiliki alat cuci darah khusus anak maka bayi tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, Bali.

“Iya belum ada (alat cuci darah khusus anak di NTT), sehingga kasus yang baru dari Waikabubak akan dirujuk ke RS Sanglah,” kata Woro.

Dengan meningalnya pasien AKI tersebut, maka saat ini NTT sudah ada dua kasus gagal ginjal misterius yang menjadi korban.

Baca Juga:  IKA UNHAS NTT Resmi Terbentuk, Ketum AAS Diminta Lantik

Sebelumnya IDAI NTT melaporkan satu kasus gagal ginjal misterius pada anak yang berasal dari RSUD Ba’a, Kabupaten Rote Ndao.

Anak laki-laki berusia 2 tahun itu meninggal dunia akhir September 2022 lalu karena diduga menderita gagal ginjal akut misterius.

(*/dig/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *