oleh

Wujudkan Program TNI, Dandim Tinjau Mata Air Niioen

Ba’a, RNC – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol Inf. Bayu Panji Bangsawan, S.Si, M.Han, melakukan peninjauan ke salah satu lokasi sumber mata air. Peninjauan dimaksudkan sebagai wujud TNI dalam program penyediaan air bersih bagi masyarakat, melalui pemasangan pompa hindran.

Peninjauan Dandim Bayu Bangsawan juga sebagai tindak lanjut dari usulan tokoh agama dan tokoh masyarakat, saat Coffee Morning, Kamis (17/02/2022). Pantauan RakyatNTT.com, Jumat (18/2/2022), lokasi peninjauan sumber mata air bertempat di Mata Air Niioen, Dusun Niioen, Desa Matanae, Kecamatan Rote Timur.

Turut hadir dalam peninjauan ke Mata Air Niioen, Babinsa Koramil 1627/02, Serda Camilo, dan Kepala Dusun Niioen, Yambres Sado. Dandim Bayu Bangsawan kepada media ini mengatakan, kehadirannya di Mata Air Niioen bertujuan melihat langsung lokasi sumber mata air, dan memastikan sumber mata air tersebut memenuhi syarat atau tidak?

“Karena untuk bisa diajukan dalam program penyediaan air bersih, menggunakan teknologi tepat guna pompa hidran yang telah dikembangkan TNI, sumber mata air itu harus memenuhi tiga syarat. Yaitu, airnya mengalir, memiliki sudut kemiringan, dan air tidak berhenti mengalir walau di musim kering atau kemarau panjang,” ujar Dandim Bayu Bangsawan.

Menurut Dandim, sumber Mata Air Niioen di Desa Matanae, adalah titik sumber mata air ketiga yang ia tinjau. Sebelumnya, dia meninjau Mata Air Soloe di Dusun Soloe, Desa Lengguselu, Kecamatan Rote Selatan, dan Mata Air Batunggolo di Desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah.

“Kita harus buktikan, apa yang kita bicarakan. Ini sudah titik ketiga yang saya tinjau, dan ini (Mata Air Niioen) bisa kita ajukan,” sebutnya. Dandim Bayu Bangsawan mengaku, dari ketiga mata air yang ditinjau, yang memenuhi syarat hanya dua mata air, yakni Mata Air Soloe di Desa Lengguselu, dan Mata Air Niioen di Desa Matanae.

Baca Juga:  Dipanggil Ketua DPRD, Kades di Rote Ramai-ramai Membangkang

Dikatakannya, selain kedua mata air tersebut, ada satu mata air yang sudah sampai pada tahap survei, yakni Mata Air Oefamba, Desa Kolobolon, Kecamatan Lobalain. “Ini bukan proyek, ini murni TNI kasih solusi untuk masyarakat. Ini tanpa impact, dan bayarannya cuma senyum,” ujar Dandim Bayu saat bercengkrama dengan kepala Dusun Niioen.

Dia berharap, kerja sama dan dukungan dari semua pihak, agar permasalahan di masyarakat Rote terkait kekurangan air bersih, dapat teratasi dengan solusi yang ditawarkan oleh TNI. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *