oleh

9 Tahun Berkiprah, Berapa Jumlah Unit Yamaha Nmax di Indonesia?

Jakarta, RNC – Yamaha Nmax sudah berkiprah sejak Februari 2015 di Tanah Air. Artinya sudah 9 tahun motor bongsor itu ditawarkan ke masyarakat Indonesia.

Dyonisius Beti, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan kehadiran Nmax generasi ketiga ini sekaligus menjadi penanda kiprah Yamaha selama 50 tahun di Indonesia.

“Saya ingat kembali lagi, tahun itu motor harus ramping, saat macet-macet bisa nyempil dan muat. Tapi Yamaha membuat satu yang beda. Kita justru mengeluarkan motor bongsor Maxi dan Nmax. Dan sekarang Nmax dan Maxi sudah ada di mana-mana,” kata Dyonisius saat peluncuran Nmax terbaru di Double Tree by Hilton Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, (12/6/2024) seperti dilansir Detikcom.

Yamaha Nmax menjadi produk yang diterima pasar Indonesia. Hampir satu dekade, berapa banyak populasi Nmax di Indonesia?

“Terbukti sampai hari ini Nmax terjual lebih dari 3 juta unit yang diikuti banyak komunitas Maxi Yamaha di seluruh Indonesia,” ujar Vice President PT YIMM, Takeshita Naotaka dalam kesempatan yang sama.

Artinya sekitar 330 ribuan Nmax diproduksi setiap tahunnya. Ini hanya untuk produksi domestik, sebab sebagai produk global, Nmax juga diketahui dikapalkan untuk pasar ekspor.

Nmax terbaru menggunakan emblem Turbo. Seperti apa perbedaan dengan versi sebelumnya? Salah satu pembeda, dan belum dimiliki skutik lain ialah Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT). Transmisi ini meninggalkan sistem transmisi CVT konvensional, bahkan pada Nmax turbo tidak lagi menggunakan part seperti roller.

“Mesin Nmax Turbo sudah menggunakan YECVT yang sudah terintegrasikan mesin Bluecore VVA,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT YIMM.

Mesin terbaru itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 rpm. Sedangkan pada Yamaha Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 13,9 Nm / 6.500 rpm. Ada kenaikan torsi sekitar 0,3 Nm.

Pada Nmax Turbo terdapat Y-Shift atau tuas untuk mengaktifkan turbo. Fitur ini mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering). (*/dtc/rnc)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *