oleh

Air Kali Dendeng untuk 15.000 Pelanggan, PDAM Bisa Penuhi 70% Kebutuhan Air

Kupang, RNC – Balai PPW Kementerian PUPR Provinsi Nusa Tenggara Timur segera membangun sumber air baku Kali Dendeng yang akan memberikan tambahan air bersih sebanyak 150 liter per detik.

Pembangunan SPAM Kali Dendeng akan menjawab kebutuhan air bersih bagi 15.000 pelanggan di wilayah Kota Kupang bagian barat, tepatnya di Kelurahan Penkase, Alak, Nunbaun Sabu, Manutapen dan Tode Kisar.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Lelang Proyek Air Bersih dan Taman Kota Kupang Senilai Rp 301 M

Saat diwawancarai RakyatNTT.com di ruang kerjanya, Selasa (23/06/2020) siang, Dirut PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang, Yohanes Silvester Ottemoesoe menyampaikan sesuai dengan informasi dari Balai PPW bahwa pembangunan SPAM pam Kali Dendeng sudah masuk dalam tahap tender.

Menurutnya, PDAM Kota Kupang tinggal menunggu diselesaikan pekerjaan tersebut untuk dikelola. Selain itu, untuk menambah debit air, PDAM juga telah berupaya melalui program jangka pendek dan menengah. Saat ini sudah mendapat debit 80 liter per detik yang ditaksir bisa memenuhi kebutuhan 8.000 pelanggan.

Menurut Johny-sapaan karib mantan Dirut PDAM Kabupaten Kupang ini, untuk pelayanan air bersih saat ini baru memenuhi 43% kebutuhan. Jumlah ini disuplai oleh PDAM Kota Kupang dan PDAM Kabupaten Kupang. Dengan adanya penambahan 150 liter per detik dari SPAM Kali Dendeng, maka akan memenuhi 60% kebutuhan. Selanjutnya, akan ditambah dengan upaya PDAM yang bekerja sama dengan berbagai pihak yang saat ini dalam proses, sehingga bisa memenuhi 70% kebutuhan.

BACA JUGA: Anggaran Terkuras untuk Covid-19, Proyek Air Bersih Tetap Jalan

“Yang dilayani PDAM Kota 11 persen dan yang dilayani PDAM Kabupaten Kupang 32 persen. Dengan tambahan ini (Kali Dendeng, Red) berarti ada penambahan 17 persen cakupan layanan. Itu berarti total semua 60 persen,” katanya.

Menurutnya, total kebutuhan air di Kota Kupang mencapai 850 liter per detik. Dengan terpenuhi 70% maka PDAM masih membutuhkan 170 liter per detik lagi. “Dan itu akan dipenuhi dengan IPA Air Sagu pada tahun 2022 nanti,” ungkapnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed