oleh

Bupati Paulina Sambut 5 Atlet Pencak Silat Rote Ndao yang Raih 8 Medali di Jawa Barat

Ba’a, RNC – Sebanyak 5 atlet muda cabang olahraga pencak silat asal Kabupaten Rote Ndao mengukir prestasi nasional mewakili Provinsi NTT. Para atlet ini mendapat apresiasi dari Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, Sabtu (27/8/2022).

Untuk diketahui, kelima atlet ini meraih total 8 medali, yakni 3 medali emas dan 5 medali perak. Selain itu, kelimanya juga sukses menjadi tim terbaik kedua dan mendapat piala. Ajang yang diikuti kelima atlet mewakili Provinsi NTT ini, yakni Indonesia Paku Bumi Open Internasional Championship 2022, digelar di Gelangang Olahraga Jatinagor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, 25-26 Agustus 2022.

Sabtu kemarin, pelatih dan para atlet bertemu Bupati Paulina sekaligus menyerahkan piala secara resmi kepada Pemda Rote Ndao. Turut mendampingi Bupati Paulina, yakni Ketua Harian KONI Kabupaten Rote Ndao, Stefanus M. Saek yang juga Wakil Bupati Rote Ndao, para guru dan orangtua para atlet.

Kontigen pencak silat asuhan pelatih Simson Nullek ini disambut di Pelabuhan Ba’a, kemudian diarak menuju Kantor Bupati Rote Ndao. Selanjutnya kontigen bersama guru dan orang tua atlet bertemu Bupati Rote Ndao.

Saat bertemu bupati, Pelatih Simson Nullek menyampaikan terima kasih kepada Bupati Rote Ndao atas dukungan dan bantuan Pemda Rote Ndao sehingga timnya bisa berlaga mewakili Provinsi NTT di ajang Indonesia Paku Bumi Open Internasional Championship 2022. Bahkan, berhasil membawa pulang prestasi yang membanggakan berupa 8 medali (3 medali emas dan 5 medali perak) dan 1 piala sebagai tim terbaik ke-2 dari 125 tim yang berlaga.

Simson menyebutkan, kelima atlet yang meraih medali, yakni atas nama Titania Zacharias, pelajar SDK St. Kristoforus Ba’a meraih 2 medali (1 emas dan 1 perak) pada Kategori Tanding Putri SD Kelas G dan kategori Jurus Tunggal, Yalen Fanggi, siswa SMK Negeri 1 Lobalain meraih 2 medali (1 emas dan 1 perak) pada Kategori Tanding Putri SMA/SMK Kelas C dan dalam Jurus Tunggal, Surya Nullek, siswa SMP Negeri 2 Lobalain meraih 1 medali emas pada Kategori Tanding Putra SMP Kelas P, Ansga Bria meraih 2 medali perak pada Kategori Tanding Putra SD Kelas F dan Jurus tunggal, Gerika Pelokilla siswi SMP Negeri 2 Rote Tengah meraih 1 medali perak pada Kategori Tanding Putri SMP Kelas F.

Baca Juga:  Lepas 648 Jamaah Haji, Pj Gubernur NTT: Jaga Ketertiban dan Fokus Beribadah

Selanjutnya menunjukkan piala yang berhasil diraih sebagai tim terbaik ke-2 dari 125 tim kejuaraan pencak silat pelajar Indonesia Paku Bumi Open Internasional Championship.

Simson mengatakan sebagai bentuk tanda terima kasih atas dukungan Pemda Rote Ndao, ia bersama para atlet mempersembahkan piala yang diraih kepada Pemda dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu juga menyampaikan terima kasih kepada pelatih dan para atlet karena sudah mengharumkan nama Rote Ndao. “Kita juga berterima kasih karena sudah membawa harum nama Rote ya,” ujar Bupati Paulina.

Ia mengatakan atlet pencak silat lain juga harus termotivasi dengan prestasi yang sudah diraih oleh anak-anak asuhan pelatih Simson Nullek. Keberhasilan tim pencak silat ini diharapkan menjadi dorongan untuk bisa mengikuti event-event lainnya.

“Tentu harapannya itu terus berlatih, pertahankan dan tingkatkan sehingga bisa berlaga di tingkat yang lebih tinggi lagi,” kata Bupati.

Ia juga memberikan apresiasi kepada pelatih yang sudah melatih, membimbing dan membawa anak-anak untuk berlaga di ajang bergengsi Indonesia Paku Bumi Open Internasional Championship 2022. “Kami juga berterima kasih karena pelatih luar biasa, sudah membimbing anak-anak dan memimpin mereka dari Rote sampai Jawa Barat dan ternyata ada hasil yang luar biasa. Mereka juga senang dan kembali dengan sehat,” pungkas Bupati Paulina.

Bupati Paulina mengatakan kesuksesan tim pencak silat Rote Ndao ini akan dilaporkan kepada KONI Provinsi NTT. Pasalnya, tim ini berlaga dengan membawa nama Provinsi NTT. Dengan demikian tim ini bisa mendapat pembinaan untuk mengikuti event-event lainnya.

Ketua Harian KONI Kabupaten Rote, Stefanus M. Saek yang juga Wakil Bupati Rote Ndao mengaku bangga atas prestasi yang diraih tim pencak silat Rote Ndao, karena tak hanya berkiprah di tingkat lokal, tetapi telah mengharumkan nama Rote Ndao di kancah nasional bahkan internasional. Untuk itu, diharapkan ke depannya terus dibina agar bisa mengikuti even-even lain seperti PON. “Kami dari KONI tetap akan mendukung penuh aktivitas yang dilakukan oleh tim pencak silat ini,” ujar Stefanus.

Baca Juga:  Hasil Survei Charta Politika: Nama Ansy Lema Menuju Puncak

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua atlet yang sudah mendukung dan rela melepaskan anak-anak untuk mengikuti event ini. “Kelima anak ini semuanya juara. Tidak satu pun yang tidak. Hebat dan ini luar biasa,” ujar Stefanus. (rnc12)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *