oleh

Dari Cabor Tarung Derajat, Jors Sanga Kalah, NTT Berharap Yoseph Amormeus ke Final

Iklan Demokrat

Jayapura, RNC – Satu atlet Tarung Derajat andalan NTT, Jors Yefrison Sanga gagal mengikuti jejak Yoseph Amormeus setelah gagal pada babak penyisihan nomor tarung bebas di kelas 75,1-81 kg, perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Bertarung di Venue Tarung Derajat Graha Eme Neme Yauware, Timika, Sabtu (9/10/2021), Jors harus mengakui keunggulan Eko Yusuf Sodik, petarung dari Jawa Barat (Jabar).

Iklan Dimonium Air

Dilansir dari web resmi PON XX Papua, Jors kalah telak 3-0 berdasarkan hasil penilaian tiga tim juri dari tiga ronde pertandingan. Juri 1 dan 2 memberi nilai 9-2 bagi kemenangan petarung Jabar di sudut merah.

Begitu pula juri 3 memberi nilai 10-3 untuk kemangan Eko Yusuf Sodik. Dari grafik pertandingan terlihat jelas Jors kalah dari postur tubuh serta jangkauan pukulan, sehingga Jors tidak bisa berbuat banyak.

Di tengah pertandingan ronde ketiga, wasit sempat menghentikan pertandingan akibat cedera di bagian hidung yang dialami Jors.
Namun, setelah menjalani pengobatan, Jors kembali ke arena pertandingan dan melanjutkan pertarungan.

Meski genjar melancarkan pukulan diikuti tendangan, upaya Jors cukup sulit menyasar wajah lawan. Jors malah kesulitan karena terus diserang dengan tendangan dan pukulan dari Eko Yusuf Sodik.

Meski kalah, Jors mendapat spirit dari Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dan juga Bupati Ngada, Paru Andreas, SH.M.Hum, menyaksikan langsung jalannya pertandingan, Sabtu petang tadi.

Dalam kesempatan itu, Wagub NTT dan Bupati Ngada didampingi Pengurus IKF (Ikatan Kerukunan Flobamora) pimpinan Marthen LL. Moru.

“Jangan putus asa ya. Harus terus berjuang,” pesan Wagub NTT kepada Jors sebelum meninggalkan venue pertandingan.

Kepada wartawan selepas partai terkahir Tarung Derajat PON XX Papua 2021, Yosef Nai Soi mengatakan kehadirannya diutus oleh Gubernur NTT untuk memberi spirit serta menyaksikan langsung atlet-atlet utusan NTT bertanding.

Baca Juga:  Anomali Iklim, BMKG Ingatkan Waspadai Cuaca Ekstrem di Wilayah NTT

“Hari ini saya di Timika untuk lihat dua atlet tarung derajat kita bertanding. Si Jors tadi kalah, tinggal satu besok bertanding di babak semifinal. Kita doakan semoga bisa meraih emas,” ujarnya.

Sesuai rencana, Minggu (10/10/2021), Wagub NTT akan bertolak ke Jayapura dalam tujuan yang sama, yaitu melihat dan memberi spirit kepada para atlet utusan NTT.

“Nanti besok (hari ini-Red) saya ke Jayapura, nanti Senin sudah harus balik karena ada kunjungan Presiden Jokowi,” tandasnya.

Medali Perunggu Sudah di Tangan Yoseph

Sementara itu, Yoseph Amormeus yang lolos ke babak semifinal usai mengalahkan atlet asal Jawa Timur, Maki Mubarok di kelas 52,5-55 kg. Yoseph sudah memastikan diri mendapat medali perunggu meski nanti kalah kontra petarung asal Aceh, Irwansyah.

Duel antara Yoseph Amormeus dengan Irwansyah akan digelar di Venue Eme Neme Yauware, Mimika, Papua, Minggu (9/10/2021).

Fransiskus Pederikus, Pelatih Kepala Tarung Derajat NTT memastikan kemenangan perdana Yoseph Amormeus bersamaan dengan pengumuman dirinya lulus CPNS di Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, ini menjadi motivasi bagi Yoseph yang kini mengabdi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa di Desa Watuwekak, Sikka-NTT.

Ia berharap pada babak semifinal, Yoseph mengeluarkan teknik terbaik dan bertanding maksimal untuk bisa lolos ke final. “Kita punya modal besar meraih tiket final karena lawannya dari Aceh sudah kita pelajari. Harapan kita dengan dukungan seluruh masyarakat NTT, Yoseph bisa maksimal dalam pertandingan nanti,” ungkap Fransiskus.

(*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed