oleh

Dibanding Bali dan NTB, NTT Paling Cepat Alami Pemulihan Ekonomi

Iklan Demokrat

Denpasar, RNC – Pemulihan ekonomi di Nusa Tenggara Timur lebih cepat dibandingkan dengan Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bali Trisno Nugroho mengatakan ekonomi wilayah Bali dan Nusa Tenggara mengalami kontraksi sejak kuartal II/2020.
Namun, mulai kuartal I/2021 telah terjadi pemulihan ekonomi. Pemulihan pertama terjadi di Nusa Tenggara Timur yang kondisi ekonomi mulai membaik pada kuartal I/2021.

Iklan Dimonium Air

Sementara itu, Bali dan Nusa Tenggara Barat baru positif pertumbuhan ekonominya pada kuartal II/2021. Baca Juga : Kembangkan Pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Gandeng Keuskupan Ruteng “Secara parsial, memiliki waktu pemulihan yang berbeda-beda. Secara keseluruhan sudah ada tanda-tanda postif, pemulihan ini perlu dijaga dengan menggali potensi pertumbuhan,” katanya, Selasa (14/9/2021) melansir bisnis.com.

Menurutnya, ketiga provinsi yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur memiliki kemiripan akan tingginya potensi pertanian dalam pemulihan ekonomi. Pada 2020, lapangan Usaha Pertanian di Nusa Tenggara Barat menyumbang PDRB sebesar 23 persen, NTT menyumbang 29 persen, dan Bali 15 persen. “Lapangan usaha pertanian memiliki kontribusi positif, sektor pertanian sebagai penopang kebangkitan ekonomi, kita saat yang tepat untuk terus mencurahan pengembangan sektor pertanian dengan barbagai daya dan upaya,” sebutnya. (*/bsc/rnc)

Baca Juga:  BMKG: Ada Potensi Bencana Hidrometeorologi di Nusa Tenggara Jelang Akhir 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed