oleh

25 Karyawan Toko di Ruteng Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Iklan Covid Walikota Kupang

Ruteng, RNC – Sebanyak 25 karyawan yang tersebar di tiga unit usaha yakni CV. Panca Abadi Nusantara, CV. Indomukti Perkasa, dan Toko Karya, terpapar virus Corona.

Hal ini diketahui setelah para karyawan menjalani pemeriksaan RDT-Ag secara mandiri dan hasilnya dinyatakan positif pada Senin (22/2/2021).

Iklan Dimonium Air

Dari total 36 orang karyawan, 25 orang dinyatakan positif, dan 11 lainnya dinyatakan negatif. Ke-25 orang ini kemudian menjalani isolasi mandiri di tempat tinggalnya masing-masing.

BACA JUGA: 2.082 Nakes di Manggarai Sudah Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Vinsen, pemilik usaha, saat dijumpai pada Selasa (23/2/2021) menuturkan bahwa kasus ini bermula saat sejumlah karyawannya tidak masuk kerja karena alasan sakit. “Tiga hari sebelum permintaan swab antigen, ada 2 karyawan menetap di rumah dan 6 karyawan yang menetap di luar tidak masuk kerja karena mengeluh dengan gejala sakit semua badan, sakit kepala, dan sebagian batuk, flu, dan demam. Hari berikutnya, 10 orang tidak masuk kerja,” ungkapnya.

Karena curiga dengan situasi tersebut, ia pun mengambil keputusan agar seluruh karyawannya dites antigen dengan seluruh biaya pemeriksaan ditanggung oleh perusahaan.

“Dari hasil pemeriksaan, 25 orang yang dinyatakan positif. Seluruh karyawan ini langsung diberikan obat dan vitamin serta disosialisasikan untuk isolasi mandiri selama 14 hari dan harus diswab lagi untuk bisa melanjutkan kerja,” tuturnya.

Untuk penanganan, ke-25 karyawan itu diisolasi secara mandiri dan dipantau kesehatannya oleh pihak medis. Sedangkan untuk sterilisasi, pihak toko akan menutup toko tersebut selama sepekan guna dilakukan disinfeksi.

Terkait penularan belum bisa dipastikan. Namun, Vinsen mengatakan bahwa perusahaan ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Setiap pagi, karyawan yang masuk kerja, sebelum masuk toko diwajibkan cuci tangan, ukur suhu badan, tangan disemprot alkohol atau hand sanitizer, wajib pakai masker. Semua pembeli yang mau masuk juga diperlakukan sama,” ungkapnya.

BACA JUGA: 25 Penghuni Asrama St. Klaus Ruteng Positif Rapid Antigen

Sehubungan dengan munculnya kasus ini, pihak Satgas mengimbau kepada seluruh pemilik toko di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai untuk melakukan RDT-Ag secara rutin kepada seluruh karyawan baik yang bekerja di toko maupun di rumah kediaman pemilik toko.

Sedangkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihak Satgas telah mengantongi daftar 25 orang karyawan dan tempat tinggal untuk dilakukan penanganan kesehatan sekaligus mempermudah proses pelacakan kontak erat.

Mengingat laju angka kesakitan dan angka kematian akibat Covid-19 yang terus mengalami peningkatan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai meminta dukungan dan kerjasama seluruh warga masyarakat untuk bekerja bersama memutus mata rantai penularan dengan wajib mematuhi setiap protokol Kesehatan. (rnc10)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed