oleh

Keluarga Tomboy akan Duduki Tanah dan Gedung Eks Rujab Bupati Kupang

Kupang, RNC – Lahan dan gedung eks rumah jabatan Bupati Kupang bakal diduduki keluarga besar Tomboy. Pasalnya, lahan tersebut diklaim milik mereka. Total lahan seluas 283 hektar dan tersebar di beberapa wilayah di Kota Kupang.

Juru bicara keluarga Tomboy, Ayub Titu Eki menegaskan tak akan ada lagi negosiasi dengan pihak manapun karena kesepakatan dengan pemerintah tidak dilaksanakan hingga saat ini.

Kepada RakyatNTT.com di kediaman salah satu keluarga Tomboy, Senin (10/6/2024) malam, Ayub Titu Eki mengatakan, keluarga Tomboy telah menyepakati dan menyetujui dilakukan langkah-langkah pengambilan kembali lahan seluas 283 hektar di Kota Kupang.

Ultah JN scaled
Iklan

Langkah pertama yang dilakukan adalah pemasangan papan informasi kepemilikan lahan dari keluarga Tomboy. Selanjutnya pada Sabtu (15/6) nanti, pukul 09.00 Wita, keluarga akan menduduki tanah dan bangunan eks rumah jabatan bupati.

“Kita keluarga (Tomboy), kita akan ambil alih. Toh itu juga kita rakyat, kita ambil alih juga ada alasan karena bangunan itu didirikan di atas tanah Tomboy,” ungkap Titu Eki.

Alasan keluarga Tomboy menduduki lokasi itu, menurut mantan Bupati Kupang ini, karena sejak tahun 1960 Pemerintah Kabupaten Kupang belum melaksanakan berbagai kesepakatan. Bahkan diduga mencaplok seluruh tanah Tomboy seluas 283 hektar.

Menurutnya, keluarga Tomboy telah melaksanakan perintah Undang-Undang Nomor 56 Tahun 1960 dengan melaporkan tanahnya seluas 283 hektar. Dan menurut undang-undang lahan penggarapan maksimal hanya seluas 21 hektar. Oleh karena itu, sisa lahan kemudian dilaporkan ke pemerintah. Namun, kejanggalan terjadi ketika seluruh tanah yang dilaporkan itu dicaplok menjadi tanah negara yang dimiliki pemerintah. (rnc04)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *