oleh

Kota Kupang Catat 271 Kasus DBD, 2 Meninggal, Warga Diminta Waspada

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Warga Kota Kupang diimbau selalu waspada terhadap DBD dengan tetap menjaga lingkungan tetap bersih. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang mencatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga memasuki bulan Maret 2021 sudah mencapai 271 kasus. Ada 2 kasus kematian.

Jumlah ini disebut masih dalam kategori normal, meski tren kasusnya mengalami peningatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi, Senin (15/3/2021) mengatakan tren DBD terus meningkat tetapi masih dalam status normal.

Iklan Dimonium Air

“Artinya bahwa berdasarkan hasil analisis epidemiologi yang disusun berdasarkan laporan mingguan, sampai dengan saat ini status DBD di Kota Kupang masih terkendali,” katanya.

BACA JUGA: Selain Covid-19, Komisi IV DPRD Kota Kupang Ingatkan Warga Waspada DBD

Meski demikian, Sri mengajak masyarakat tetap waspada. Harus rutin lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melakukan gerakan 3M, yakni menutup tempat penampungan air, menguras bak air dan mengubur kaleng bekas tempat perkembangbiakan nyamuk.

Ia mengatakan dalam memberantas DBD yang diperlukan adalah bersama-sama bergandengan tangan menjaga lingkungan dengan cara bergotong royong membersihkan lingkungan. Apabila di lingkungan rumah sendiri bersih tetapi pada jarak radius 200 meter di sekitar lingkungan banyak jentik nyamuk, maka berpotensi terkena DBD.

“Peran semua pihak sangat penting dalam memperhatikan lingkungan agat tetap bersih, sebab salah satu cara mencegah DBD guna bisa menekan kasus DBD yang dapat mengakibatkan adanya kasus kematian,” kata Sry.

(rnc05)

  • 312
    Shares
Baca Juga:  Wawali Herman Man Dianugerahi Tanda Penghargaan Lencana Melati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed