oleh

Nara Kupu Jogja, Konsep Memanusiakan Manusia

oleh : Robert Kadang

Bila anda mengimpikan berwisata sambil menikmati perkebunan sayuran segar (organik), dan memberi makan rusa-rusa peliharaan yang jinak, maka Nara Kupu Jogja adalah tempatnya. Lokasinya terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Pandanpuro, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Jogyakarta. Sekira 20 kilometer dari Kota Jogyakarta, dan bisa ditempuh selama 45 menit perjalanan. Di lokasi wisata ini anda bisa petik sayur oranik, feeding (kasi makan) rusa, memancing, naik skuter listrik, blancing bike sambil kulineran.

Adalah Soleman Bonafasius Gorang Mau, pengunjung Nara Kupu Jogja. Dalam videonya yang dikirimkan ke RakyatNTT.com, Sabtu (8/6/2024), caleg terpilih DPRD NTT dari Gerindra ini menjelaskan, Nara Kupu Jogja merupakan konsep alam yang bisa menghimpun komunitas apa pun yang datang ke tempat itu. “Mereka menciptakan lapangan kerja, menciptakan usaha dan melibatkan penduduk sekitar. Konsep ini dapat juga kita kembangkan di Nusa Tenggara Timur, tidak hanya di Jawa,” kata Soleman.

Melibatkan masyarakat sekitar dan bekerja sama, merupakan konsep memanusiakan manusia ala Nara Kupu Jogja. “Sebuah pemikiran dan terobosan yang luar biasa dari seorang pengusaha hebat asal Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Nara Kupu Jogja adalah persembahan terbaik Fransiscus Go bagi negri ini. Konsep pemberdayaan yang Pak Frans Go ciptakan melalui Nara Kupu Jogja ini, patut diapresiasi,” puji Soleman.

Dia menambahkan, Nara Kupu Jogja mengadopsi konsep sederhana yang melibatkan masyarakat setempat (termasuk komoditi yang dihasilkan). Para sarjana dari berbagai disiplin ilmu, diberdayakan. “Semua berjalan sesuai rencana, lalu diterapkan. Konsep Nara Kupu Jogja sangat bisa dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara Timur. Apalagi, di lokasi wisata ada nilai edukasi. Kita bisa membangun sebuah jalinan persahabatan. Tidak saja dengan sesama, tapi juga dengan rusa-rusa dengan cara memberi makan. Rusa-rusa itu sangat jinak dan bersahabat,” ujar Soleman.

Baca Juga:  Geliat Aktivitas Pengagum Fransiscus Go di Sector87

Di Nara Kupu Jogja, juga diterapkan konsep tanaman hidroponik. Konsep ini memanfaatkan lahan yang ada untuk tanaman sayuran segar. Sayuran segar ini bisa dipetik langsung lalu ditimbang (dibeli) untuk dibawa pulang. Namun wisata anda tidak lengkap, bila belum menikmati beberapa menu kuliner yang ditawarkan Nara Kupu Jogja. Ada gultik hingga bakmi Jogja yang nikmat. Tempat wisata ini juga menerima kunjungan rombongan dari sekolah-sekolah. “Intinya, sesuatu yang positif bisa kita temukan di Nara Kupu Jogja. Kalian bisa datang dan membuktikannya,” imbuh Soleman Bonafasius Gorang Mau. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *