oleh

Pantau Selokan yang Tersumbat, Wali Kota Minta Petugas Selalu Siaga

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Hujan yang mengguyur Kota Kupang pada Kamis (7/11/2019), mengakibatkan air meluap dari selokan ke badan jalan di Jalan El Tari dan Jalan Sudirman. Akibatnya sampah pun menumpuk di jalan.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang langsung dikerahkan untuk mendatangi lokasi untuk membersihkan sampah. Bahkan, Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore turun langsung ke lokasi tersebut, Jumat (8/11/2019) pagi.

Sesuai pantauan RakyatNTT, dalam peninjauan itu, Jefri meminta Kadis DLHK dan para petugasnya sesegera mungkin membersihkan tumpukan sampah yang ada dalam selokan. Pasalnya, sampah-sampah tersebut yang menyebabkan air meluap ke jalan.

“Yah ini kita datang cek apa penyebab banjir kemarin. Baru hujan pertama sudah terjadi begini. Dan ternyata ini salurannya yang mampet dan banyak sampah. Disiplin masyarakat yang kurang, karena selalu membuang sampah di got-got atau saluran yang menyebabkan terjadi banjir seperti kemarin,” paparnya.

Ia menambahkan petugas menggunakan satu unit truck dan tanki penyedot untuk membersihkan selokan yang tersumbat akibat sampah. “Saya meminta DLHK untuk turun ke sini untuk memastikan got ini harus bersih supaya mengurangi banjir pada hujan nanti. Harus tetap besiaga. Kami juga akan pasang ram-ram yang bisa membatasi sampah-sampah pada saluran yang sudah dipersiapkan, sebab saluran yang ada sudah bagus, namun karena disiplin warga yang kurang baik maka saluran jadi mampet,” ungkapnya.

Jefri juga mengimbau masyarakat agar disiplin dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Ia meminta warga untuk tidak membuang sampah di got atau drainase karena dapat menyebabkan sumbatan dan akhirnya air meluap. “Jadi saya harapkan ke depan masyarakat untuk disiplin, tidak membuang sampah sembarang yang menyebabkan banjir saat hujan,” tegasnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed