oleh

Presiden Jokowi Kurban 68 Ekor Sapi, NTT Dapat Jatah 1 Ekor

Jakarta, RNC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan satu ekor sapi untuk setiap provinsi menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Presiden Jokowi juga menyerahkan sapi untuk ibu kota Nusantara (IKN).

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk Otorita IKN satu,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Heru mengungkapkan bahwa sapi-sapi yang diserahkan kurang lebih bobotnya mencapai 800 kg hingga 1 ton. “Jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton,” kata Heru.

Berdasarkan data yang dihimpun sapi yang akan diserahkan Presiden Jokowi sebanyak 68 ekor dengan berbagai jenis yakni simmental, peranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

Sapi yang diserahkan 68 ekor itu, dengan rincian 38 ekor untuk setiap masing-masing pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Untuk Masjid Istiqlal satu ekor, Otorita IKN satu ekor.

Lalu, Masjid tempat Presiden Jokowi akan sholat Idul Adha akan diberikan satu ekor. Dan 27 ekor untuk

Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Pemprov Kaltim serta Masjid dan Ponpes yang berdekatan dengan IKN.

Heru menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Kementerian Agama dan dinas peternakan untuk memastikan kondisi sapi-sapi dalam keadaan baik sebelum diserahkan kepada pemerintah provinsi ataupun masjid-masjid.

“Dan juga dinas dari dirjen kementerian agama. Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan,” jelasnya. (*/rnc)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Baca Juga:  Tebar Berkah Idul Adha, Elnusa Petrofin Bagikan Daging Kurban ke 15.525 Penerima Manfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *