oleh

Tak Berhenti di Randy, Polda NTT Masih Telusuri Potensi Tersangka Lain

Kupang, RNC – Randy (31) berpeluang tak sendirian menjadi tersangka pembunuhan terhadap Astri Manafe (30) dan Lael (1). Pasalnya, Polda NTT masih terus memeriksa saksi-saksi dan barang bukti untuk menelusuri potensi ada tersangka lain.

Hal ini ditegaskan Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, Senin (6/12/2021) petang. Ia menjelaskan sampai saat ini masih satu orang tersangka. Penetapan status tersangka ini berdasarkan alat bukti yang diteliti penyidik. “Tentunya kita tidak berhenti di sini. Kita tetap lakukan pendalaman, pemeriksaan cross check terhadap alat bukti dan keteraangan tersangka dan saksi-saksi,” kata Rishian.

Iklan Dimonium Air

Ia juga menegaskan, penyidik tidak bisa berandai-andai, tapi harus tetap mengacu pada fakta hukum dan bukti-bukti untuk menetapkan seseorang menjadi tersangka. “Bukan berdasarkan katanya-katanya. Informasi yang valid silakan disampaikan kami menerima itu. Tidak perlu menyampaikan pernyataan-pernyataan yang justru menyesatkan yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah,” imbuh Rishian.

Ia juga menyebutkan sejauh ini sudah 23 saksi yang diperiksa penyidik, termasuk Randy yang kemudian naik status menjadi tersangka. Selanjutnya, ada 34 item barang bukti yang diamankan penyidik.

Lebih lanjut, dijelaskan, proses penentuan tersangka dan penahanan tersangka dilakukan berdasarkan alat bukti yang dikumpulkan oleh penyidik. Penyidik juga menggunakan scientifi identification untuk mengungkap identitas korban. “Jadi bukan semata-mata pengakuan tersangka. Pengakuan tersangka kita abaikan. Yang disampaikan tersangka dikuatkan dengan alat bukti tadi, sehingga lebih valid,” ungkapnya.

Bukti-bukti yang ada, kata Rishian, dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Dengan demikian hasilnya sangat ilmiah. “Jadi dari bukti-bukti, dari hasil uji forensik, dari keterangan saksi-saksi, penyidik menentukan identitas dari korban. Ini sebagai bukti bahwa proses penyidikan tidak hanya berdasarkan apa yang disampaikan tersangka. Tetap betul-betul berdasarkan alat bukti yang valid dan diuji secara ilmiah,” jelasnya.

Baca Juga:  Adegan 05 di Depan Rumah Korban: Seorang Saksi Menjemput Astri dan Lael

(rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed