oleh

Tiga Kapolres di Polda NTT Diserahterimakan Hari Ini, Ini Daftarnya

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Tiga Kapolres di lingkup Polda NTT diserahterimakan, Sabtu (13/11/2021) di lobi Polda NTT. Serah terima jabatan dilakukan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum.

Pejabat yang diserahterimakan yakni Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK., M.Si kepada AKBP Firli Hermanto, SIK, M.Si, Kapolres Rote Ndao AKBP Firli Hermanto, SIK., M.Si kepada AKBP I Nyoman Putra Sandita, SIK dan Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi, SIK., MIK kepada AKBP Abilio Dos Santos, SIK.

Iklan Dimonium Air

Melansir digtara.com, serah terima jabatan diikuti Waka Polda NTT, Brigjen Pol Ama Kliement Dwikorjanto, PJU Polda NTT, Kapolres jajaran dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT bersama pengurus.

Kapolda menegaskan mutasi dan serah terima jabatan merupakan suatu proses yang biasa dalam keberlangsungan organisasi dan merupakan salah satu wujud dinamika organisasi agar dapat terus bergerak maju guna menghadapi tantangan tugas serta tuntutan masyarakat yang semakin tinggi terhadap kinerja kepolisian.

Di samping itu, merupakan upaya penyegaran kepemimpinan serta promosi yang berkesinambungan guna memantapkan pengalaman jabatan yang beragam dari personel Polri dalam berdinas.

Kapolda menyebutkan bahwa peran dan tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sangat diharapkan kehadirannya sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid dan juga membantu dalam proses pemulihan ekonomi nasional.

Diingatkan pula bahwa trend perkembangan laju penyebaran Covid-19 khususnya di Provinsi NTT terus mengalami penurunan.

“Perlu dipertahankan dengan tetap melakukan kegiatan testing guna mengetahui sejauh mana laju pertumbuhan penyebaran Covid-19. Termasuk Polri gencar menggelar kegiatan vaksinasi dalam meningkatkan Herd Immunity masyarakat,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda juga minta perlu antisipasi lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga sebagaimana yang terjadi di beberapa negara di eropa, sehingga langkah pemerintah dengan memperpanjang masa penerapan PPKM luar Jawa-bali selama dua pekan atau berlaku mulai 9 hingga 22 November mendatang dan di NTT diberlakukan PPKM level 1, 2 dan 3.

Baca Juga:  Adithya Nasution Resmi Kawal Kasus Pembunuhan Ibu-Anak di Kupang

Polri, tandas Kapolda NTT, adalah satuan terdepan dalam membantu pemerintah dalam melakukan penanganan Covid melalui pendataan 3T, pelaksanaan ops yustisi, dan juga pelaksanaan vaksinasi serta pemberian bantuan sosial.

Untuk itu diharapkan para Kapolres mampu dalam melaksanakan tugas pokok kepolisian yang menjadi tanggung jawab utama dan juga melaksanakan amanat dalam penanganan Covid serta pemulihan ekonomi nasional.

“Seorang Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di kesatuan, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial kemasyarakatan maupun masalah yang berkaitan dengan kamtibmas,” ujar Kapolda NTT.

Perlu mengantisipasi kejadian yang berimplikasi kontijensi, kasus perang tanding antar kampung yang berujung pada konflik horizontal.

“Lakukan deteksi dini maupun deteksi aksi, kaitannya dengan pelaksanaan tugas utamanya dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,” pesan Kapolda NTT.

Kapolda juga berharap perlu langkah antisipasi musim penghujan.
para Kapolres diharapkan untuk segera bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta unsur TNI. “Gelar kekuatan baik personel, sarana prasarana serta peralatan pendukung dalam penanganan bencana alam,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda menyampaikan terima kasih atas seluruh dedikasi dan loyalitas dalam dukungan kegiatan kunjungan Kapolri dan Panglima TNI di Labuan Bajo baik dalam aksi vaksinasi dan baksos serentak maupun peresmian Komplek Brimob Presisi Ki 4 Yon b Satbrimob Polda NTT dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses dan membanggakan.

“Semuanya atas kerja keras, kebersamaan, kesungguhan, dan keihklasan kita baik para pimpinan, anggota polda, polres jajaran dan khususnya anggota di polres manggarai barat sebagai tempat pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut,” tambah Kapolda NTT.

Kapolda menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas, dedikasi dan loyalitas guna meningkatkan kinerja di satuan kerja masing-masing, dapat berjalan dengan baik. Kepada pejabat baru diminta segera menyesuaikan diri.

Baca Juga:  Terima Pengurus SMSI NTT, Gubernur VBL Dukung Kemajuan Media Siber

“Lakukan kolaborasi dengan semua elemen, tingkatkan pekerjaan yang belum dituntaskan oleh pejabat sebelumnya. Segera identifikasi dan kenali wilayahnya untuk dapat melihat kerawanan-kerawanan supaya dapat segera mengambil langkah strategis,” kata Kapolda. (*/dig/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed