oleh

Tingkatkan Keterampilan, Basarnas Gelar Pelatihan Potensi SAR di Ende

Iklan Demokrat

Ende, RNC – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menggelar pelatihan potensi SAR Water Rescue (Pertolongan di Permukaan Air) di Hotel Syifa, Jalan Gatot Subroto, Mautapaga, 24-28 Maret 2021.

Peserta berjumlah 25 orang terdiri dari perwakilan OPD terkait sebagai mitra Basarnas, Mapala Unflor dan sejumlah nelayan.

Iklan Dimonium Air

Pelatihan tersebut dihadiri Asisten I Abraham Badu dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Kepala Kantor Basarnas Kelas B Maumere, I Putu Sudayana menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan khususnya teknik pertolongan di permukaan air (Water rescue). Selain itu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam melaksanakan evakuasi dan menjadi forum berbagi pengalaman sekaligus menjalin sinergi dan soliditas.

“Mengapa dipilih Ende sebagai pelaksanaan pelatihan, karena kami lihat kerawanan yang terjadi, di mana Ende ini merupakan bagian dari Pulau Flores dan masyarakat pesisir biasanya beraktivitas di wilayah perairan. Hal itu cukup beresiko terjadinya kecelakaan di wilayah perairan,” kata Sudayana.

BACA JUGA: Polres Ende Apel Pasukan Hadapi Ancaman Bencana

Selain itu, menurutnya, Kantor SAR Maumere memiliki unit siaga di Ende yang terdiri dari berbagai unsur yang nantinya dapat bersinergi bersama mengatasi bencana dan kecelakaan.

Bupati Ende diwakili Asisten I Abraham Badu menyampaikan Pemda Ende menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Basarnas yang telah menyelenggarakn kegiatan ini. Harapannya ada sinergisitas potensi SAR yang ada di wilayah Kabupaten Ende.

“Seperti kita ketahui wilayah kita sebagian terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi oleh perairan, di mana sebagian besar digunakan sebagai lintasan transportasi laut sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan yang mana menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Abraham.

Ia juga mengatakan para peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah orang-orang pilihan yang memiliki semangat yang tangguh dan siap mengorbankan tenaga dan waktu, kapan dan di mana saja tanpa pamrih. (rnc16)

Baca Juga:  Tes SKD PPPK di Ende Diikuti 372 Peserta, 2 Orang Positif Covid-19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed