oleh

Cegah Covid, Sholat Ied di Lapangan Pancasila Ende Ditiadakan

Iklan Covid Walikota Kupang

Ende, RNC – Pada perayaan Idul Fitri di tahun-tahun sebelumnya, umat Islam di Kabupaten Ende biasanya melaksanakan sholat ied berjemaah di Lapangan Pancasila. Namun pada Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah kali ini, sholat ied berjemaah di lapangan tersebut ditiadakan.

Keputusan ini diambil dalam rapat terbatas sejumlah pimpinan organisasi Islam bersama Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad di ruang kerja bupati, Rabu (5/5/2021).

Iklan Dimonium Air

Bupati Djafar yang memimpin rapat tersebut mengatakan, sholat ied kali ini hanya dilaksanakan di masjid-masjid. Kesepakatan mengenai peniadaan sholat ied berjemaah di tempat-tempat terbuka seperti lapangan Pancasila bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Ende.

Mananggapi permintaan dari salah satu Majelis Ta’lim agar pemerintah membantu menyediakan masker, Bupati Djafar mengatakan, Pemkab Ende pasti akan mendukung penuh pelaksanaan sholat ied di masjid-masjid. Salah satunya adalah dengan menyediakan masker serta alat pengukur suhu tubuh.

“Kami pemerintah akan bantu masker dan siapkan alat pengukur suhu tubuh di masjid-masjid. Saya minta umat Islam untuk patuhi protokol kesehatan selama pelaksanakan sholat ied” ujar Bupati Djafar.

Ia juga mengharapkan bantuan dan dukungan dari tokoh agama untuk memberikan pemahaman kepada umat Islam terkait peralihan pelaksanaan sholat ied dari Lapangan Pancasila ke masjid.

Selain peniadaan sholat ied di Lapangan Pancasila, dalam rapat tersebut juga disepakati soal peniadaan pawai takbir keliling. Takbir dilaksanakan di masjid masing-masing. (*/rnc16)

Baca Juga:  Kunjungi Ende, Gubernur VBL Minta Pemda Tekan Angka Stunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed