oleh

Wali Kota Beberkan Hasil Pembangunan Kota Kupang

Kupang, RNC – Kota Kupang terus berbenah. Dua tahun kepemimpinan Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man, sudah banyak yang dilakukan. Dalam upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Balai Kota, Sabtu (17/8/2019), wali kota membeberkan perubahan yang telah dilaksanakan.

Dalam sambutannya, mantan anggota DPR RI dua periode ini menjelaskan berbagai terobosan telah dilakukan Pemkot Kupang. Walaupun masih ada hambatan-hambatan, namun pemkot terus berbenah untuk mewujudkan Kota Kupang yang layak huni, cerdas, mandiri dan sejahtera dengan tata kelola bebas KKN sebagaimana visi Kota Kupang 2017-2022.

“Guna mencapai smart city atau kota cerdas, maka pemerintah terus berinovasi dengan spirit baru yang dikemas secara komperhensif melalui tagline Ayo Berubah,” kata Jeriko-sapaan karib wali kota.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan langkah strategis yang telah, sedang dan akan dilakukan pemerintah Kota Kupang yakni peningkatan mutu pendidikan dan derajat kesehatan melalui penyediaan piranti pendidikan serta tenaga medis dan fasilitas pendukung lainnya yang lebih berkualitas guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas.

Pencanangan gerakan sadar sampah dengan melakukan pembersihan di ruang publik, bantaran kali serta pantai, melibatkan seluruh warga kota. Selain itu mengadakan event Kupang Green and Clean (KGC) di 51 kelurahan dan melakukan gerakan sadar sampah. Pemerintah juga akan menyediakan sarana dan prasarana pendukung yang lebih modern antara lain mobil penyapu jalan dan sarana lainnya.

“Perluasan jaringan internet sebanyak 157 titik yang tersebar di berbagai wilayah Kota Kupang, penerapan sistem kerja yang berbasis online guna mengurangi aktifitas bertemu langsung yang bisa berdampak terjadinya pungli dan aktifitas tidak terpuji lainnya melalui Sistem Aplikasi Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (SinarEmas),” jelasnya.

Baca Juga:  Warga 3 Kelurahan Minta Jeriko Lanjut Pimpin Kota Kupang

Selain itu, kata Jeriko, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, Sistem Informasi Pokok Pikiran DPRD (Sipokir), program perekaman dan pembagian e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) demi mempercepat kepemilikan dokumen diri dengan jumlah perekaman total 272.859 jiwa atau 80,29 persen dari total wajib e-KTP sebanyak 339.901 orang. Termasuk sistem pelaporan berbagai keluhan pelayanan melalui aplikasi Qlue.

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 189,44 kilometer, drainase, sanitasi, irigasi, jaringan air bersih dengan peningkatan kerjasama PDAM Tirta Bening Lontar bersama BLUD SPAM. Ini bertujuan meningkatkan ketersediaan air bersih dengan cakupan seluruh wilayah Kota Kupang dan penambahan jaringan atau Sambungan Rumah (SR), pemasangan lampu penerangan jalan umum sebanyak 2.600 titik dan pemasangan lampu hias dan pembangunan tembok penahan bronjong kali 4.605,03 meter.

Pembangunan lainnya adalah pemugaran taman bundaran Tirosa, pembangunan taman pada Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman Adipura, taman Patung Kasih, taman Generasi Penerus, taman Ina Bo’i dan taman Pantung Sonbai. Selanjutnya peningkatan kesejahteraan ekonomi warga melalui ekonomi kreatif, dana bergulir dan bantuan gerobak kuliner, bantuan tabungan bagi penyandang disabilitas, pembagian rastra plus bagi rumah tangga sasaran penerima manfaat serta memberikan santunan kematian bagi keluarga kurang mampu yang meninggal dunia. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *