oleh

10 Gebrakan Jeriko di Bidang Sosial yang Tak Terlupakan

Kupang, RNC – Nama Jefri Riwu Kore (Jeriko) lebih dikenal sebagai wali kota yang gencar membangun infrastruktur. Namun, saat menjadi Wali Kota Kupang, ia juga membuat sejumlah gebrakan di bidang sosial.

Apa saja karya Jeriko di bidang sosial? Bedah rumah merupakan salah satu karya terbesar Jeriko saat memimpin Kota Kupang pada periode 2017-2022. Selama 3 tahun terakhir total rumah yang dibangun adalah 1.043 unit.

Tidak semuanya dibiayai APBD Kota Kupang. Dari jumlah itu sebanyak 281 unit dibangun menggunakan APBD. Sisanya merupakan anggaran dari pemerintah pusat.

Tentu tak hanya bedah rumah, masih ada 10 program sosial lainnya yang dilakukan Jeriko saat memimpin Kota Kupang berdasarkan data dari Dinas Kominfo Kota Kupang, yakni:

1. BPJS Gratis
Bantuan BPJS gratis untuk 110 ribu warga Kota Kupang. Program ini merupakan bantuan pemerintah pusat dan sampai saat ini masih terus dilakukan pendataan untuk mencapai kuota 110 ribu

2. Bantuan Pangan
Bantuan pangan nontunai untuk 23.543 kepala keluarga di seluruh Kota Kupang sejak tahun 2018 hingga 2022.

3. Bantuan Anak Telantar
Bantuan sosial untuk anak telantar di Kota Kupang sebanyak 324 orang. Selain itu memberikan bantuan sosial untuk 13 orang gelandangan

4. Bantuan Lansia
Selama menjabat wali kota, Jeriko telah membantu 864 orang lansia yang tersebar di berbagai kelurahan

5. Bantuan Bencana
Total warga yang menjadi korban bencana alam yang dibantu mencapai 27.525 orang

6. Bantuan Kacamata
Salah satu program yang dilaksanakan adalah bantuan kacamata untuk 250 orang lansia. Para lansia ini terbantu dengan bantuan ini. Ada yang senang karena bisa kembali membaca.

7. Bantuan untuk Difabel
Pemkot Kupang di bawah kepemimpinan Jeriko memberikan bantuan alat bantu difabel untuk 340 orang dan bantuan kebutuhan dasar difabel untuk 300 orang.

Baca Juga:  Trotoar jadi Lokasi Jualan, Pemkot Kupang Siap Tindak

8. Bantuan untuk Rumah Ibadah
Selama Jeriko memimpin Kota Kupang, dialolasikan anggaran khusus untuk membantu rumah ibadah, yakni dana pembangunan hingga peralatan ibadah. Total ada 51 rumah ibadah dan 1 komunitas.

9. Bantuan Panti Asuhan
Wali kota Jeriko rutin mengunjungi dan membantu anak-anak di panti asuhan di Kota Kupang, khususnya pada setiap momen HUT Kota Kupang

10. Penutupan Lokalisasi
Wali kota Jeriko menutup sejumlah lokalisasi di Kota Kupang yang meresahkan masyarakat

(rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *