oleh

Belum Jelas Alasan Pemberhentian Direksi dan Komisaris Bank NTT

Kupang, RNC – RUPS Luar Biasa Bank NTT telah selesai pada Rabu (8/5/2024) sore. Hasilnya jabatan direksi dan komisaris dirombak.

Direktur Utama Bank NTT Hary Alexander Riwu Kaho diberhentikan. Nasib yang sama dialami Direktur Kredit Paulus Stefen Mesakh. Di jajaran komisaris, Juvenille Djodjana selaku Komisaris Utama diberhentikan bersama komisaris independen Samuel Djo.

Kabarnya Samuel Djo diganti karena pensiun.

Hingga RUPS Luar Biasa selesai, tak ada satu pun pihak direksi yang mau memberikan komentar kepada media. Jajaran direksi memilih menghindari awak media dan langsung meninggalkan arena RUPS di lantai IV Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT.

Hal yang sama juga dilakukan para pemegang saham. Para bupati yang hadir dalam RUPS tersebut memilih diam. Tak satu pun yang mau berkomentar terkait pemberhentian direksi dan komisaris Bank NTT.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake yang ditunggu awak media pun memilih menghindar dan kembali ke ruang kerjanya via lift khusus. Selanjutnya, pulang melalui pintu darurat.

Informasi pemberhentian para pejabat Bank NTT ini hanya disampaikan
pemegang saham Seri B, Amos Corputy usai RUPS. “Ada diganti. Dirut dan Komut,” ujar Amos singkat.

Mantan Dirut Bank NTT itu mengatakan keputusan ini masih harus disampaikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Nanti masih disampaikan ke OJK,” sebut Amos.

Selain itu, Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke selaku pemegang saham seri A juga membenarkan adanya pergantian jabatan di Bank NTT. Namun dia tidak merincikan siapa-siapa yang diganti dan siapa pejabat yang ditunjuk sebagai pengganti. “Iya diganti,” kata Nikodemus.

Namun beredar informasi usai RUPS, para pemegang saham menunjuk Direktur Dana & Treasury Yohanis Landu Umbu Praing sebagai Plt. Direktur Utama merangkap Direktur Teknologi Informasi dan Operasional. Selanjutnya Direktur IT dan Operasional, Hilarius Minggu ditunjuk sebagai Direktur Dana merangkap Direktur Kredit. RUPS juga menunjuk Prof. Aloysius Liliweri menjadi Komisaris Independen menggantikan Samuel Djo. (rnc)

Baca Juga:  Pemprov NTT-PRISMA Gelar Lokakarya Berbagi Pembelajaran Sektor Babi di NTT

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *