oleh

Buka Musrenbang Kota Raja, Penjabat Sekda Beberkan Program Strategis Pemkot 2020

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kota Raja tahun 2020 berlangsung di Aula Serba Guna Kantor Camat Kota Raja pada Rabu (18/03/2020) pagi. Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kots Kupang, Elvianus Wairata.

Pembukaan Musrenbang Kota Raja juga dihadiri langsung Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, bersama lima Anggota DPRD Kota Daerah Pemilihan Kota Raja, Danramil Kota Kupang Mayor Infantri Harjitu, para Pimpinan Perangkat Daerah, para Lurah Wilayah Kota Raja, para Ketua LPM di Kota Raja, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan lainnya.

Iklan Dimonium Air

Dalam sambutannya Penjabat Sekda Kota Kupang Elvianus Wairata mengatakan semua usulan dalam Musrenbang akan dibahas dan difilter, mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan. Selanjutnya dilihat lagi apakah APBD bisa memenuhi atau tidak. Jika belum terealisasi di pembahasan tingkat I, maka akan dimasukkan di pembahasan anggaran berikut. Atau bisa juga disampaikan ke provinsi atau ke tingkat pusat.

Ely-sapaan karib mantan Kepala Bappeda Kota Kupang ini, menyampaikan program–program spektakuler Pemerintah Kota Kupang yang akan dieksekusi tahun 2020 yang sudah disepakati bersama DPRD. Beberapa program strategis tersebut antara lain rehabilitasi rumah tidak layak huni, dan di misi Kupang Cerdas dan Kupang Sehat, yakni status RS. S.K Lerik yang mengalami peningkatan, pembiayan penerima JKN-KIS bagi masyarakat penerima manfaat, bantuan kaca mata gratis bagi semua masyarakat yang membutuhkan dan. Ada juga penambahan penerima bantuan sembako nasional yang menjadi 14.448 KPM dan jumlahnya menjadi Rp 150.000/KK pada tahun ini.

“Kemudian juga kita sudah launching Smart City yang menjadi kebanggaan kita dengan memasang beberpa perangkat pembantu, dengan harapan juga bukan hanya smart city, tapi juga smart people untuk bisa memperlancar Kota Kupang menjadi lebih smart,” tegas Wairata.

Baca Juga:  Permudah Perekaman e-KTP, Pemkot Kupang Gagas 'Disdukcapil Goes to School'

Ia menambahkan untuk Bidang Pendidikan, Pemerintah Kota Kupang beserta DPRD sudah menganggarkan beasiswa bagi 3.000 mahasiswa. Juga ada bantuan seragam gratis dan peralatan sekolah bagi 60.000 siswa/i yang ada di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Untuk Misi Kupang Makmur, melalui bantuan pembiayaan uang muka perumahan bagi 500 Kepala Keluarga. Ada juga bedah rumah sebanyak 146 rumah dan optimalisasi penyaluran dana PEM sehingga bisa disebarkan kepada yang belum menerima. Dengan demikian bisa memprioritaskan usaha yang belum ada. Dan nantinya ada perkembangan dalam usaha lainnya. Tidak sekadar usaha kios yang diperbanyak.

Selanjutnya, ada Kupang Bagaya dan Kupang Berprestasi yakni ada pelatihan–pelatihan kewirausahaan bagi pemuda/i serta peningkatan prestasi untuk atlet melalui KONI. Selanjutnya untuk Kupang Hijau, baru saja dicanangkan Bulan Februari Maret sebagai Bulan Kupang Hijau dengan program Tanam Air dan Tanam Pohon.

Ely juga menjelaskan dengan pembangunan ruang terbuka hijau publik punya banyak pilihan rekreasi. Selain itu, adanya bantuan kepada pemuka–pemuka agama di Kota Kupang. “Tentunya semua agama ada bagiannya,” katanya.

Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe dalam sambutannya mengingatkan Camat agar apa yang menjadi hasil pembahasan nanti bisa diserahkan kepada para anggota DPRD Daerah Pemilihan Kota Raja agar bisa diperjuangkan. “Kemudian yang menjadi prioritas juga itu Kantor Lurah Airnona,” kata Yeskiel. (*pkp/frd/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed