oleh

Camat dan Kades di Lamboya, Diminta Atasi Stunting

Waikabubak, RNC – Masih tingginya masalah stunting di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, menjadi penekanan Bupati Yohanis Dade, SH, dalam Musrenbang Kecamatan Lamboya yang dilaksanakan, Rabu (9/2/2022).

Dalam sambutan yang dibacakan Pj. Sekda, Drs. Daniel B. Pabala, Bupati Yohanis meminta camat dan para kades se Kecamatan Lamboya, agar mengatasi permasalahan stunting di wilayahnya. Apalagi, dari laporan camat Lamboya, masih ada 443 kasus stunting, 24 gizi buruk, dan 196 kurang gizi di daerahnya. “Saya minta perhatian khusus camat dan para kades untuk mengatasi permasalahan stunting di Lamboya,” ujar Bupati Yohanis dalam sambutannya.

banner BI FAST

Dikatakannya, camat Lamboya dapat menangani stunting melalui program – program TP PKK kecamatan. Sedangkan kades dapat melakukan intervensi melalui anggaran Dana Desa. “Penanganan stunting harus dilakukan sejak dini. Salah satunya dengan perhatian terhadap ibu hamil. Selain itu, perlu pemberian makanan tambahan atau dalam bentuk perbaikan gizi kepada anak – anak. Sehingga diharapkan, akhir tahun 2022 Sumba Barat bebas dari stunting,” harap bupati.

Bupati Yohanis juga menyampaikan data vaksinasi, dimana masyarakat yang telah divaksin tahap pertama sebanyak 75 persen. Sedangkan vaksin kedua 46 persen. “Kita upayakan agar bulan Maret capaian vaksinasi tahap satu mencapai 100 persen,” kata bupati.

Terkait musrenbang, Bupati Yohanis mengatakan, usulan program kegiatan jangan hanya difokuskan pada program fisik atau infrastruktur saja. Namun harus dipikirkan program peningkatan ekonomi berbasis pariwisata, pertanian, peternakan dan sektor lainnya, yang bisa dirasakan masyarakat. “Jangan buat program dan kegiatan tahunan yang keluar jauh dari visi – misi Kabupaten Sumba Barat,” kata Bupati Yohanis mengingatkan.

Sementara Wakil Ketua DPRD Sumba Barat, Lukas Gallu, SH, dalam kesempatan Musrenbangcam Laboya mengatakan, musrenbang harus mendapat perhatian karena keberhasilannya tergantung kepada baik tidaknya perencanaan yang dibuat.

Baca Juga:  Presiden Teken PP 1/2023, Pimpinan DPRD Dapat Mobil Dinas Setara Kepala Daerah

“Saya mengajak masyarakat, agar memikirkan dan mengusulkan program wilayah Kecamatan Laboya, untuk dapat ditindak – lanjuti pada aras kabupaten. Tentu sebagai wakil rakyat dari selatan, kita akan kawal,” janjinya. (rnc24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *