oleh

Jadi Binaan Bank NTT, Desa Wetana jadikan BUMDes sebagai Offtaker Hasil Pertanian

Waikabubak, RNC – Juri Festival Desa Binaan dan Festival PAD Bank NTT Tahun 2022, Bobby Liyanto mengunjungi Desa Wetana, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, NTT, Jumat (25/11/2022).

Desa Wetana terkenal dengan aroma padi gogo yang khas menjadi salah satu dari 115 peserta Festival Desa Binaan dan Festival PAD tahun ini.

banner BI FAST

Pengusaha properti itu didampingi Reinhart R. K. Djo selaku Kasubdiv Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Desa Binaan Bank NTT serta Echni Marisa Killa selaku pelaksana. “Padi gogo merupakan padi ladang yang ditanam di musim hujan. Padi ini ditanam di daerah pegunungan. Padi gogo ini memiliki keunikan karena rasa dan wangi yang khas,” sebut Bobby Liyanto.

Menurut Bobby, padi gogo memiliki wangi pandan dan hanya dapat ditanam di Desa Wetana. “Apabila ditanam di daerah lain, maka hasilnya tidak akan wangi seperti di desa Wetana,” ujarnya yang didampingi Kades Wetana Petrus Raga Uma.

Di Desa Wetana, selain melakukan penjurian, Bobby juga melakukan penanaman simbolis padi Gogo bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat.

Untuk diketahui, Desa Wetana memiliki BUMDes yang diberi nama “Mada Ole”. BUMDes ini terbentuk sejak tahun 2018 dengan kegiatan usaha utama adalah pengembangan dan pemasaran padi gogo. BUMDes menjadi offtaker bagi masyarakat Desa Wetana untuk menjaga stabilitas harga beras gogo.

Dewan juri memberikan masukan agar BUMDes juga dapat bergerak di usaha lain seperti penyedia Saprodi Pertanian dan kebutuhan pokok masyarakat desa Wetana. Hal itu mesti dilakukan agar memudahkan masyarakat dalam memperoleh kebutuhan, karena faktor lokasi desa yang jauh dari kota, sehingga dapat meningkatkan PAD desa Wetana. (*/hms/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Baca Juga:  Masuk Masa Pra-Paskah, Bank NTT Persembahkan 100 Kantong Darah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *