oleh

Dinas Sosial: Warga Miskin di Kota Kupang Bertambah

Kupang, RNC – Triwulan I tahun 2023, Dinas Sosial Kota Kupang melaporkan kenaikan jumlah keluarga miskin di Kota Kupang. Lembaga itu mencatat terjadi kenaikan jumlah keluarga yang berpenghasilan rendah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodowick Djungu Lape, baru – baru ini, saat ditemui RakyatNTT.com, di pelataran aula Rujab Wali Kota Kupang.

Lodowick menyebutkan, angka kemiskinan di Kota Kupang bertambah akibat situasi dan kondisi secara global, sehingga mempengaruhi pendapatan dan pekerjaan masyarakat. Dikatakannya, dalam tiga bulan terakhir ini, ada 19.000-an rumah tangga yang masuk dalam kategori miskin. Terjadi lonjakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Nah, dari data yang ada 19.000 sekian. Kalau dilihat, memang ada peningkatan. Ini dilihat dari situasi dan kondisi yang terjadi, seperti karena pandemi,” jelasnya.

Lodowick menambahkan, terdatanya keluarga miskin yang meningkat saat ini, tentunya sesuai pada kondisi nyata setiap rumah tangga. Dinas Sosial, kata dia, akan melakukan verifikasi faktual di masing – masing rumah tangga, untuk dimasukan dalam data terpadu kesejahteraan sosial. Ia mengungkapkan, ke 19.000 – an keluarga miskin ini masuk kriteria miskin dan berada pada Kelompok 1 – 3 terendah, yang pendapatan dan kondisinya layak mendapat perhatian.

Untuk upaya mengatasi kemiskinan yang meningkat ini, Dinas Sosial Kota Kupang, ujar Lowowick, tetap bekerja sesuai regulasi yang ditetapkan Kementerian Sosial RI. Yakni, mendata keluarga kurang mampu untuk masuk dalam berbagai program bantuan sosial. “Nanti ketika data mereka sudah masuk, maka Pemerintah Pusat sebagai pemilik program, akan mengambil dari data itu, lalu program bantuan untuk Kota Kupang sekian,” pungkasnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *