oleh

Forum Academia NTT Siapkan Tes Swab Massal, Bisa 600 Sampel Per Hari

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Forum Academia NTT (FAN) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur berupaya mempercepat penanganan wabah Covid-19. Saat ini sedang dilakukan uji coba pemeriksaan sampel swab dengan metode Bio Teknologi.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Laboratorium Politani Negeri Kupang, Selasa (16/6/2020) siang. Moderator FAN, Dominggus Elcid Li kepada RakyatNTT.com, menjelaskan saat ini sedang dilakukan pelatihan kepada para tenaga laboratorium. Mereka dipersiapkan untuk melakukan pemeriksaan sample swab secara masal di NTT untuk mengatasi wabah corona.

Ia menambahkan, proses pelatihan dipimpin langsung oleh salah satu ahli bio teknologi lulusan Washington State university, Dr. dr. Fima Inabuy. Menurutnya, dengan situasi darurat saat ini sudah seharusnya penanganan dipercepat, sehingga dengan metode yang semenatra dipersiapkan ini dapat memberikan efek terhadap percepatan penanganan corona di NTT.

BACA JUGA: RSUD Komodo Punya Lab TCM, Bisa Periksa Swab Pasien Covid-19

Elcid menambahkan, FAN terus memberikan kontribusi dalam mempercepat penanganan wabah Covid-19. Salah satunya menjawab kebutuhan tes masal. Metode bio teknologi ini dengan 2 qPCR mampu memeriksa 600 swab per hari.

“Dengan rekayasa bio teknologi ini, dapat mempermudah tes masal, di mana metode ini bisa dilakukan dengan cepat. Kalau yang sekarang itu 1 reagen 1 sampel, maka dengn metode ini bisa 600 sampel swab dalam waktu empat jam,” kata Elchid. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed