oleh

26 Mahasiswa FK Undana Lulus 100% dalam UKMPPD Tingkat Nasional, Ini Nama-namanya

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Civitas akademika Universitas Nusa Cendana (Undana), khususnya Fakultas Kedokteran (FK) patut berbangga atas capaian luar biasa para mahasiswanya. Sebanyak 26 mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi Dokter, FK Undana yang mengikuti Computer Based Test (CBT), Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) tingkat nasional kembali meraih kelulusan 100 persen.

Sebelumnya, prestasi serupa juga pernah dicapai FK Undana pada akhir tahun 2016 lalu. Hal ini disampaikan Dekan FK Undana, dr. S. M. J. Koamesah, MMR., MMPK., FISPH., FISCM di ruang kerjanya, Rabu (15/9/2021) lalu.

Iklan Dimonium Air

Ia menjelaskan, biasanya rata-rata kelulusan UKMPPD cukup tinggi, yakni berkisar antara 75-80 persen. Karena itu, bagi dr. Bobby-sapaan Dekan FK Undana, kelulusan 100 persen merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa, karena tidak banyak universitas di Indonesia yang mampu meluluskan dokter dalam persentase yang sangat tinggi.
Untuk itu, pihaknya berharap, ke depan, FK Undana selalu meluluskan dokter-dokter yang berkualitas dan meraih prestasi tinggi, sebagaimana yang sudah diperlihatkan oleh 26 dokter tersebut. “Mahasiswa angkatan ini mudah-mudahan menjadi model untuk angkatan atau adik-adik dibawanya. Karena paling tidak, dengan pencapaian ini, tentu semangat (mahasiswa) akan sangat meningkat,” harapnya.

Jika dibandingkan dengan sejumlah FK di universitas lain yang sudah mapan dan maju, ungkap dr. Bobby, FK Undana masih banyak kekurangan dari berbagai aspek, terutama dari sisi tenaga pengajar dan fasilitas. Namun demikian, lanjut dia, mahasiswa FK Undana mampu meraih kelulusan, karena dedikasi dosen dalam mengajar dan juga semangat luar biasa dari para mahasiswa.

Alasan 26 mahasiswa tersebut lulus, menurut dr. Bobby, beberapa minggu sebelum UKMPPD digelar serentak, pihak FK selalu melakukan bimbingan, pendampingan dan try out bagi mahasiswa. Sehingga, mahasiswa kemudian terbiasa mengerjakan soal-soal dan mengatur waktu dalam ujian.

Terpisah, dr. Marthen Kause, S.Ked selaku mahasiswa peserta yang lulus pada CBT UKMPPD mengaku bangga karena dirinya termasuk salah satu dari 26 mahasiswa Profesi Dokter yang lulus. “Puji Tuhan, kami lulus 100 persen first taker, dalam ujian yang dilangsungkan tanggal 21-23 Agustus lalu,” ujarnya, Kamis (16/9/2021) lalu.

Dikatakan, CBT tersebut dilaksanakan secara nasional, karena serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, ia menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan yang telah menuntunnya dan rekan-rekannya dalam pendidikan selama 6 tahun. dr. Marthen juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Undana maupun FK, yang telah memfasilitasi mahasiswa dalam menempuh pendidikan. Selain itu, ucapan yang sama disampaikan kepada dosen- dosen yang sudah mengajar pada masa preklinis selama 5 tahun, serta dokter umum maupun dokter spesialis yang membimbing selama 2 tahun, baik di rumah sakit pendidikan, maupun RS jejaring yang ada di NTT, maupun luar NTT.

Hal senada disampaikan dr. Viany Yulister Ayal, S.Ked, peserta lainnya yang lulus CBT UKMPPD. Ia mengaku sangat bersyukur, karena hanya atas penyertaan Tuhan saja, dirinya dan 25 rekan mahasiswa lainnya bisa lulus. “Terima kasih kepada Tuhan karena sudah menyertai saya dan teman-teman hingga kami semua bisa lulus, dan juga untuk pihak universitas yang memfasilitasi dan memberi tempat untuk belajar 6 tahun, juga FK Undana yang tidak hanya menjadi instansi, tapi rumah kami, sebagai orangtua yang membimbing dan membantu kami hingga menyelesaikan semua ini,” ungkap dr. Viany di Lantai III, Rektorat Undana, Kamis (16/9/2021) lalu.

“Terima kasih kepada orangtua dan keluarga besar yang sudah membantu dan memberi dukungan baik moril maupun material, maupun doa sehingga saya bisa selesaikan pendidikan saya, dan juga teman-teman yang memberikan doa dan membantu dalam belajar,” ucapnya.

Berikut 26 mahasiswa yang lulus CBT UKMPPD:

1. dr. Diorita Sely Keba, S. Ked
2. dr. Elaine C. Sianturi, S.Ked
3. dr. Anggita Damayanti, S.Ked
4. dr. Petronela Rani Mawo, S.Ked
5. dr. Albert Lusi, S. Ked
6. dr. Tekla Windyanita Sengi, S. Ked
7. dr. Sulyasti Gery Nomleni, S.Ked
8. dr. Diana T. Tangi Bupu, S. Ked
9. dr. Aulia Ayu Puspita, S.Ked
10. dr. Marthen Kause, S.Ked
11. dr. Viany Yulister Ayal, S.Ked
12. dr. Diana Maximiliany Sun, S.Ked
13. dr. Yosefania Evankyla D. P. Markus, S.Ked
14. dr. Nur Laelatul Fitriyah, S.Ked
15. dr. Theresia Dian, S.Ked
16. dr. Ratih Anjani, S.Ked
17. dr. Maria Laranita Meak Foni, S.Ked
18. dr. Ignasius Bima Priambada, S.Ked
19. dr. Aditya Josua Elvon, S.Ked
20. dr. Leander P D Dosi Sili, S.Ked
21. dr. Bella C. Lumban Gaol S.Ked
22. dr. Kristina T. Lawung, S.Ked
23. dr. Kandida Bibiana Ugha, S.Ked
24. dr. Elsye J. Ly, S.Ked
25. dr. Andry S. Singarimbun, S. Ked
26. dr. Werner A. Manafe, S.Ked.

(*/udn/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed