oleh

RSUD Komodo Punya Lab TCM, Bisa Periksa Swab Pasien Covid-19

Sabun Herbal Cyrus

Labuan Bajo, RNC – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat Ir. Dominikus Hawan, MM, Senin (15/6/2020), di Posko Covid-19 Kantor Bupati Manggarai Barat, menyerahkan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI berupa 100 unit Cartridge Test Cepat Molekul (TCM) dan 100 unit Viral Transport Medium (VTM) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo yang diwakili oleh Dirut RSUD Komodo dr. Melinda Gampar.

Adapun Cartridge TCM dan VTM ini tiba di Manggarai Barat pada Sabtu (13/6/2020) diantar oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tingkat Provinsi NTT.

Adapun 100 unit Cartridge TCM dan 100 unit VTM ini akan melengkapi Laboratorium TCM Tubercolus RSUD Komodo. Untuk diketahui bahwa RSUD Komodo telah memiliki Laboratorium TCM untuk Penyakit Tubercolosis (TBC) yang merupakan bantuan Kementrian Kesehatan RI tahun 2017 dan telah beroperasi sejak tahun 2017 yang lalu.

BACA JUGA: Pemkab Mabar Terima Bantuan APD dari Tiongkok

Laboratorium ini sedang dipersiapkan oleh manajemen RSUD Komodo antara lain memasang Bio Safety Cabint (BSC) untuk melengkapi alat TCM yang digunakan untuk pemeriksaan Swab Pasien Covid-19.

Pengoperasian Laboratorium ini dilaksanakan setelah para analis yang terdiri dari para analis dari Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Barat, Analis RSUD Komodo dan Para Analis dari relawan dibekali pelatihan secara Daring/Online oleh Dokter Patologi yang menurut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 18 Juni 2020 mendatang.

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa Alat TCM ini mampu menguji 90 sample setiap harinya. Namun karena keberadaan cartridge yang sangat terbatas, pemeriksaan sample lebih difokuskan pada pasien-pasien reaktif atau yang mengalami gejala covid-19, sedangkan sample swab lainnya tetap dikirimkan ke Laboratorium Molekuler RS. Prof. Dr. W. Z. Johannes di Kupang. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed