oleh

Hujan Lebat, 6 Daerah Termasuk Kota Kupang Masuk Zona Siaga Bencana

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Warga NTT perlu mewaspadai dampak dari intensitas hujan lebat yang terjadi di puncak musim hujan Januari 2021 ini. Bahkan ada 6 kabupaten/kota di NTT ditetapkan status Siaga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jakarta.

Berdasarkan laporan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat dari Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sabtu (30/1/2021), dengan curah hujan tinggi di Wilayah Nusa Tenggara Timur yang dimulai hari ini hingga 31 Januari besok, BMKG merilis ada 6 daerah yang akan mengalami dampak buruk dari puncak musim hujan 2021 ini.

Iklan Dimonium Air

Ke-6 wilayah di NTT yang masuk dalam Zona Siaga yakni Kabupaten Kupang meliputi Kupang Tengah, Kupang Timur, Sulamu, Fatuleu, Fatuleu Tengah, Fatuleu Barat, Takari, Amfoang, Amarasi, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, Amabi Oefeto, Taebenu dan Nekamese.

BACA JUGA: Geser Undana, Unwira jadi Nomor 1 di NTT versi Webometrics Januari 2021

Kota Kupang meliputi Kelapa Lima, Oebobo, Maulafa dan Alak. Timor Tengah Utara meliputi Biboki Monleu, Biboki Anleu, Biboki Foetleu, dan Biboki Utara. Kabupaten Belu meliputi Tasifeto Barat, Tasifeto Timur, Kakuluk Mesak, Atambua Barat, Atambua Selatan dan Atambua. Kabupaten Manggarai meliputi Ruteng, Lelak dan Reok Barat. Kemudian Manggarai Barat meliputi Kuwus, Welak, Macang Pacar, Ndoso, Boleng dan Mbeliling.

Dampak hujan lebat yang dialami yakni sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian masyarakat terisolir, rusaknya bangunan dan perumahan, kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, tak dapat melintas di jembatan rendah, banjir di jalanan, rusaknya akses jalan, gangguan akses listrik, air bersih dan gas, kerusakan pada tanggul sungai, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah, mulai terjadi wabah penyakit menular, aliran sungai meningkat, terjadi pendangkalan pada sungai, adanya puing dan lumpur, dibatalkan penerbangan pesawat, terganggu aktivitas pelayaran, terjadi genangan air di area rendah serta banjir.

Baca Juga:  Inilah Daftar Nama Daerah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Dari berbagai dampak tersebut, BMKG pun memberikan saran kepada warga untuk sementara waktu berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, tidak beraktivitas di luar rumah jika tak penting, berkoordinasi dengan pihak-pihak kebencanaan, mengamankan dokumen penting, menghemat air minum, listrik dan gas, mematikan peralatan elektronik dan tidak menggunakan transportasi darat jika tak mendesak. (rnc04)

  • 2.6K
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed