oleh

Jembatan Kembar Liliba bakal Perindah Wajah Kota Kupang

Kupang, RNC – Pembangunan Jembatan Kembar Liliba dipastikan akan dilaksanakan pada awal tahun 2023. Saat ini Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Nusa Tenggara Timur sedang melakukan rencana desain struktur jembatan.

Ditemui RakyatNTT.com di ruang kerjanya, Selasa (4/10/2022), Kepala BPJN X NTT, Agustinus Junianto mengatakan Pemerintah bakal membangun jembatan tersebut pada awal tahun 2023. Saat ini timnya sedang membuat desain struktur jembatan tersebut sesuai dengan hasil kajian dan survei lokasi.

Ia menyampaikan, jembatan yang dibangun akan berdampingan dengan jembatan lama saat ini. Warna yang dipakai adalah merah dan putih untuk melambangkan warna bendera merah putih.

Junto-sapaan akrab Kepala BPJN menjelaskan, jembatan yang dibangun memiliki bentangan 140 meter dengan 2 pilar atau tiang, sehingga dibagi menjadi 3 bentang yakni berukuran 40 meter, 60 meter dan 40 meter. “Kemudian lebarnya standar yakni 9 meter,” ungkapnya.

Selanjutnya, untuk konstruksi tidak jauh berbeda dengan jembatan lama. Fondasinya adalah bore pain dan menggunakan rangka baja. Tampilan dari kedua jembatan ini pun akan mengarah langsung pada titik Patung Tirosa.

Perombakan yang bakal terjadi yakni pada median jalan di arah timur Bundaran Tiorosa, di mana akan digeser sedikit boulevard bagian timur, sehingga lurus dan tersambung dengan boulevard pada Jalan Piet A. Tallo. Tujuannya agar tidak ada jalur balik arah di gerbang jembatan.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Pemkot Kupang, supaya median yang telah dibangun seperti sekarang ini dirombak,” jelas Junto.

Perombakan itu dilakukan dengan memasang titik nol pada Patung Tirosa. Dipastikan juga lokasi Pos Keamanan di Bundaran Tirosa pun akan berpindah karena menjadi lahan untuk dibangun jalur lalu lintas.

Junto mengungkapkan jembatan baru yang bakal dibangun ini merupakan permintaan warga Kota Kupang. Pasalnya, jembatan lama yang usianya sudah di atas 20 tahun ini sering menjadi titik kemacetan lalulintas. “Kita harapkan masyarakat tetap mendukung agar sukses nanti pembangunannya,” pungkasnya. (rnc04)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar