oleh

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo, Ada 3 WNA dan 5 WNI

Labuan Bajo, RNC – Sebuah kapal wisata yang beroperasi di perairan Labuan Bajo dikabarkan tenggelam. Kapal ini mengangkut tiga warga negara Jerman dan lima orang wisatawan domestik.

Melansir detikcom, kapal wisata KM Lalongkoe tenggelam di perairan Batu Tiga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (20/5/2023). Kapal wisata itu mengangkut delapan wisatawan dan empat kru kapal.

Berdasarkan manifes penumpang kapal wisata tersebut, kedelapan wisatawan terdiri atas tiga wisatawan mancanegara (wisman) dan lima wisatawan domestik (wisdom). Ketiga wisman itu adalah warga negara Jerman, yakni Melanie, Pasca Uwe, dan Stefanie Petra.

Berikutnya, lima wisdom yang menumpang kapal naas tersebut, antara lain Toni Edi Saputra, Juan Marlynsen, Aldian Alfa Christian, Florencia Yunaike, dan Alvinda Veronika.

Sementara itu, empat kru kapal wisata KM Lalongkoe, yaitu Kahar Muzakkar sebagai nakhoda, Mustaqim Hasan sebagai kepala kamar mesin, dan dua orang kelasi yakni Muhamad Aras dan Sutiawan.

Kapal Wisata KM Lalongkoe tenggelam dalam perjalanan dari Pulau Komodo menuju Pelabuhan Labuan Bajo sekitar pukul 15.45 Wita. Kapal wisata itu tenggelam diterjang angin kencang dan gelombang tinggi pada jarak sekitar 18,8 nautivcal mile (mil laut) dari Pelabuhan Labuan Bajo.

“Tim SAR Gabungan langsung menuju lokasi guna melaksanakan pencarian dan pertolongan dengan mengerahkan kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat,” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) Maumere Mexianus.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo Hasan Sadili memastikan kapal wisata itu sudah mengantongi izin berlayar. (*/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *