oleh

Survei Indo Strategi: Elektabilitas Partai Perindo Tempel Ketat Partai Nasdem

Jakarta, RNC – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) terus menunjukkan eksistensinya di kancah politik, elektabilitas Partai Perindo terus melonjak.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei terbaru Lembaga Survei Indo Strategi yang dilakukan pada 1 hingga 10 Mei 2023.

Direktur Indo Strategi Arif Nurul Imam mengatakan Partai Perindo mendapatkan angka lima persen dengan pertanyaan ‘Jika Pemilihan Umum dilaksanakan hari ini Partai Politik apakah yang akan Anda pilih untuk DPR RI?’. “Partai Perindo mendapatkan persentase sebesar 5%,” kata Arif saat memaparkan hasil survei, Rabu (17/5/2023).

Angka tersebut, kata Arif, unggul cukup jauh dari partai parlemen yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mendapatkan angka 1,7 persen, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1,4 persen.

Arif mengatakan, Perindo terus menguat dengan perolehan elektabilitas yang cukup tinggi. Terlebih, angka tersebut melampaui PPP dan PAN yang masih belum beranjak melewati Parliamentary Threshold (PT).

Justru, posisi Partai Perindo berdasarkan survei tersebut nampak tidak beda jauh dengan partai lain seperti Nasdem yang mendapat 5,4%, PKS 6,2%, dan PKB 6,4%.

Diketahui, urutan pertama masih diduduki partai penguasa PDIP dengan perolehan 19,2%. Gerindra yang menguntit di posisi kedua perlahan mendekati PDIP dengan perolehan 18,1%. Kemudian posisi tiga diisi oleh Golkar dengan perolehan sebesar 10%, diikuti Demokrat 9,5%.

Sebagai informasi, survei ini dilaksanakan pada 1-10 Mei 2023 melalui wawancara langsung terhadap 1.230 responden yang berusia 17 tahun keatas atau telah memiliki KTP Indonesia.

Adapun margin of error +/- 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Pencuplikan sampel menggunakan metode multistage random sampling atau rambang berjenjang. (*/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Baca Juga:  Terima Rekomendasi dari NasDem, Simon Nahak-Felix Bere Optimis Menang di Pilkada Malaka

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *