oleh

Minggu Depan, Jonas Salean Jalani Sidang di Pengadilan Tipikor

Kupang, RNC – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT telah melimpahkan berkas tersangka Jonas Salean dan Thomas More ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Selasa (27/10/2020). Bahkan, dijadwalkan sidang berlangsung pekan depan.

Informasi yang diperoleh dari internal Kejati NTT menyebutkan, berkas perkara atas nama Jonas Salean dan Thomas More sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Klas 1A Kupang, Selasa (27/10/2020) sekira pukul 14.15 Wita. “Berkas Pak Jonas dan Pak Thomas More itu split (terpisah). Jadi ada dua berkas, tapi dilimpahkan bersamaan,” ujar sumber terpercaya di Kejati NTT.

Menurut dia, setelah menerima berkas yang dilimpahkan penyidik Kejati NTT, pihak Pengadilan langsung menetapkan jadwal sidang dan majelis hakim yang akan menyidangkan perkara tersebut. “Penetapan hari sidang dan majelis hakim sudah ada. Sidang perdana dijadwalkan hari Selasa depan (3 November),” katanya.

Sesuai KUHAP, lanjut dia, dengan dibacakannya dakwaan pada sidang perdana, maka praperadilan yang sudah diajukan oleh Jonas Salean akan gugur dengan sendirinya. “Dari sisi KUHAP, kalau dakwaan sudah dibaca, pasti gugur prapid-nya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kasus Masuk Pengadilan, Jaksa Alihkan Jonas Jadi Tahanan Kota

Untuk diketahui, Jonas Salean melalui kuasa hukumnya telah mengajukan praperadilan pada Senin (26/10/2020) kemarin. Pada laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Kupang tertulis nomor perkara 14/Pid.Pra/2020/PN Kpg dengan pemohon atas nama Jonas Salean, S.H.,M.Si dan termohon yakni Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur selaku Penyidik.

Kuasa hukum Jonas Salean, Yanto Ekon sebelumnya membenarkan telah mendaftarkan gugatan praperadilan atas status tersangka Jonas Salean. Ia mengatakan, walaupun sudah didaftarkan, namun karena kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Pengadilan, maka pihaknya masih menunggu perkembangan. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed