oleh

Objek Wisata Kupang Square: Bermula dari Jeriko, Diresmikan Jokowi

Kupang, RNC – Objek wisata Kupang Square di Pantai LLBK, Kecamatan Kota Lama dijadwalkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Rabu (23/3/2022) besok. Kupang Square ini telah dibangun sejak November 2020 lalu dan baru selesai awal 2022.

Kawasan ini juga sekaligus menjadi wisata sejarah, karena merupakan kota tua dengan bangunan-bangunan bercorak klasik. Usulan pembangunan kawasan ini sudah dilakukan pemerintah Kota Kupang sejak tahun 2019 lalu, namun baru terlaksana pada tahun 2020.

banner BI FAST
pantai LLBK lama
Potret kawasan Pantai LLBK sebelum pembangunan Kupang Square. (Foto: Ist).

Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore mengatakan kawasan ini adalah salah satu kawasan bersejarah di Kota Kupang sehingga harus ditata dengan baik. Selain itu, daerah ini juga menjadi tempat singgah perahu layar saat event Sail Indonesia digelar, di mana banyak sekali wisatawan mancanegara berlabuh di tempat ini.

Tak hanya itu, kawasan ini juga sudah menjadi tempat wisata kuliner favorit masyarakat Kota Kupang. Oleh karena itu, di kawasan ini dibangun pusat kuliner.

LLBK 4
Lampu dan kursi taman menghiasi kawasan Kupang Square. (Foto: FB Deny Kaka Taklal).

Kawasan ini sudah dirombak total. Berbagai sudutnya telah ditata menjadi lebih indah dan rapi. “Nanti bisa ada pertunjukan seni dan lain-lain. Anak-anak muda bisa berkreasi,” kata Jeriko-sapaan karib Wali Kota Kupang.

Menurutnya, pembangunan Kupang Square ini tidak menggunakan APBD Kota Kupang. Ini murni dibangun menggunakan dana dari pemerintah pusat. “Kita lobi ke pusat untuk penataan kota, sehingga kita bisa dapat bantuan,” kata mantan anggota Komisi X DPR RI ini.

Menurutnya, usulan Pemkot Kupang untuk penataan wajah Kota Kupang dijawab oleh pemerintah pusat. Oleh karena itu, biaya pembangunan Kupang Square yang mencapai Rp40 miliar semuanya ditanggung pemerintah pusat.

LLBK 2
Lopo-lopo dengan atap alang-alang sintetis menambah keindahan saat senja. (Foto: IG @rianh.id89).

“Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang sudah menjawab usulan kita untuk penataan Kota Kupang, sehingga kawasan ini bisa dibuat lebih bagus. Ada tempat khusus untuk pedagang kecil berjualan dengan nyaman. Pengunjung juga bisa berekreasi dengan nyaman,” kata Jeriko.

Baca Juga:  Yang Tuding Dana CSR di Pemkot Kupang Hilang adalah Fitnah

Direncanakan kawasan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Rabu besok. Presiden juga sekaligus meresmikan kawasan wisata Pantai Kelapa Lima, di depan Hotel Aston, dan Taman Frans Seda di Kelurahan Fatululi. (rnc)

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed