oleh

Pasca Putusan MK, Polda NTT Siap Pasukan Amankan Penetapan Bupati-Wabup

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengucapkan putusan untuk dua sengketa pilkada, yakni Kabupaten Belu dan Malaka pada Kamis (18/3/2021). Sedangkan untuk Sumba Barat dijadwalkan berlangsung Senin (22/3/2021) mendatang.

Usai pembacaan putusan oleh MK, selanjutnya KPU akan menggelar pleno penetapan pasangan bupati dan wakil bupati. Terkait ini, Kepala Kepolisian Daerah NTT Irjen Lotharia Latif mengatakan sudah mengirimkan 416 personel ke tiga kabupaten yang akan melakukan pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Pilkada 2020.

Iklan Dimonium Air

“Kami harapkan kondisi keamanan di tiga daerah itu kondusif,” ujar Latif mengutip Antara, Kamis (18/3/2021). Sebelumnya tiga kabupaten di NTT, yakni Kabupaten Malaka, Kabupaten Belu dan Kabupaten Sumba Barat akan menggelar pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih berdasarkan putusan MK.

BACA JUGA: Sah! MK Tolak Permohonan Paket Sahabat, Paket Sehati Siap Dilantik

Sesuai jadwal sidang, putusan MK akan berlangsung mulai Kamis ini sampai dengan Senin (22/3/2021). Kapolda Nusa Tenggara Timur menuturkan dikirimnya sejumlah personel ke tiga kabupaten itu hanya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat di tiga daerah itu. “Jadi dari kami kekuatan yang dikirim itu bertujuan untuk mencegah jika ada yang tidak puas dengan hasil penetapan dan sebagainya,” tutur dia.

Menurut Kapolda, keselamatan rakyat adalah yang utama dan polisi tak mempunyai kepentingan apapun dengan sejumlah pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung dalam Pilkada 2020 di NTT.

Ia berharap agar para calon kepala daerah yang kalah di Pilkada 2020 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi harus menerimanya dengan rela dan lapang dada dan menghindari konflik. (*/ant/rnc)

  • 1.3K
    Shares
Baca Juga:  Wujudkan Pelayanan Publik yang Prima, PN Atambua Bersinergi dengan Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed