oleh

Pekan Ini Pemkot Kupang Tuntaskan Verifikasi Rumah Warga yang Rusak

Iklan Demokrat

Kupang,RNC- Pemerintah Kota Kupang melalui tim validasi dan verifikasi kini tengah melakukan verifikasi rumah warga yang mengalami kerusakan akibat badai siklon tropis Seroja. Verifikasi ini penting untuk mendapatkan data mengenai jumlah rumah warga yang rusak (rusak berat, sedang dan ringan) untuk diteruskan ke BNPB.

Kepada RakyatNTT.com, Rabu (21/4/2021), Lurah Manutapen Andy Akbar mengatakan, saat ini tim validasi dan verifikasi telah melakukan tahap uji lapangan. Rumah warga yang rusak sementara disesuaikan kriteria kerusakan yang dialami.

Iklan Dimonium Air

Menurut Andy, selama pelaksanaan verifikasi, semua lurah diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Kupang agar tidak terjadi perbedaan data. Khusus untuk Kelurahan Manutapen, dari data terakhir terdapat 941 rumah warga dan 15 fasilitas umum yang rusak.

“Koordinasi tetap kita bangun. Sementara sudah ada pengambilan sampel di beberapa rumah oleh pihak BPBD,” ungkapnya.

Sebelumnya, Asisten II Setda Kota Kupang, Elvianus Wairata menyebutkan, hingga Senin (19/4/2021) sudah ada 34 ribu rumah warga yang terdata untuk mendapatkan bantuan perbaikan. Data tersebut dihimpun dari identifikasi para lurah dan registrasi mandiri melalui Website serojakotakupang.

Ia menambahkan, Pemkot sudah membentuk tim validasi dan verivikasi yang terhimpun dari Dinas PUPR, PRKP dan BPBD Kota serta petugas kelurahan. Tim ini akan melakukan pengecekan langsung ke rumah warga.

Elvianus menyampaikan, waktu yang diberikan BNPB kepada Pemkot untuk melakukan validasi dan verifikasi data yakni dalam pekan ini. Selanjutnya Pemkot bisa melanjutkan pada tahap uji lapangan yang akan dilakukan oleh petugas dari kelurahan.

“Setelah selesai, kita buatkan SK Wali Kota untuk diajukan ke BNPB sehingga warga bisa mendapatkan anggaran untuk perbaikan rumah mereka yang rusak” jelasnya. (rnc04)

Baca Juga:  GBIS Miracle dan PMI Kota Kupang Kerja Sama Gelar Vaksinasi Massal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Salam sehat,,,ada kurang lebih 34 ribu rumah warga yg terdampak kerusakan akibat badai SEROJA,,,kira2 berapa lama nanti warga hrs menantikan bantuan….?Klw mmg hrs validasi dan verifikasi kerusakan dari rumah ke rmh,,,,apakah tim ini sdh diatut per kelurahan/kecamatan…?Kwatirnya klw hanya 1 tim berarti bisa2 selesai di tahun 2025 br selesai….trmksh.

News Feed